kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 11 lokasi dan tarif rapid test antigen di Jakarta, mulai dari Rp 300-an ribu


Kamis, 17 Desember 2020 / 08:18 WIB
Inilah 11 lokasi dan tarif rapid test antigen di Jakarta, mulai dari Rp 300-an ribu
ILUSTRASI. Inilah 11 lokasi dan tarif rapid test antigen di Jakarta, mulai dari Rp 300-an ribu. Surya/Ahmad Zaimul Haq


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rapid test antigen atau swab antigen menjadi syarat wajib bagi pengguna transportasi umum yang ingin keluar masuk Jakarta mulai 18 Desember 2020. Rumah sakit dan klinik mana saja yang menyediakan layanan rapid test antigen?

Rapid test antigen menggantikan kebijakan sebelumnya, yakni rapid test antibody. Rapid test antigen memang lebih akurat mendeteksi virus corona dibandingkan rapid test antibody. Namun, biaya rapid test antigen lebih mahal dibandingkan rapid test antibody.

Test deteksi virus termasuk virus corona dengan rapid antigen adalah pemeriksaan antigen. Antigen adalah zat atau benda asing, seperti racun, kuman, atau virus yang masuk ke tubuh. 

Mayoritas antigen yang masuk ke tubuh berbahaya. Saat antigen masuk tubuh, akan memicu tubuh menciptakan sistem imunitas yang berfungsi membentuk zat kekebalan tubuh (antibodi) untuk berhadapan dengan antigen. Reaksi ini sebagai bentuk pertahanan alami tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit.

Virus corona yang masuk ke dalam tubuh akan terdeteksi sebagai antigen oleh sistem imunitas. Nah, antigen ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan rapid test antigen.

Rapid test antigen untuk virus corona dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab alias usap. Biaya  test swab antigen ini di rentang Rp 350 ribu sampai Rp 650 ribuan.

Berikut daftar rumah sakit dan klinik penyedia layanan rapid test antigen di Jakarta dan sekitarnya:

Rapid test antigen di Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Helix Lab Fakultas Tekni Universitas Indonesia ini berlokasi di kota Depok, Jawa Barat.  Helix Lab Fakultas Tekni Universitas Indonesia mengaku menangani 1.500 sampel tes corona atau Covid-19 setiap hari.

Biaya rapid test antigen di Helix Lab mencapai Rp 350.000. Selain rapid test antigen, Helix Lab juga melayani tes PCR dengan tarif Rp 800.000, rapid test antibody dengan biaya Rp 95.000.

Baca Juga: Daftar rumah sakit, klinik, lab test PCR Swab dengan tarif termahal Rp 900 ribu

Buka halaman selanjutnya untuk daftar rumah sakit dan klinik penyedia layanan rapid test antigen lainnya




TERBARU

[X]
×