Ini Vitamin dan Mineral yang Efektif Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kamis, 23 Desember 2021 | 13:33 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ini Vitamin dan Mineral yang Efektif Meningkatkan Imunitas Tubuh

ILUSTRASI. Makanan kaya nutrisi yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Imunitas tubuh yang maksimal bisa melindungi tubuh dari ancaman infeksi. Ini vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. 

Imunitas menjadi tameng utama tubuh untuk melawan berbagai virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Badan Lemas dan Mudah Lelah? Ini 6 Cara Mengatasinya

Membentuk imunitas tubuh yang baik tidak hanya hanya rajin mengonsumsi vitamin C atau makan jeruk. 

"Sistem kekebalan yang benar-benar sehat tergantung pada diet sehat yang seimbang dari waktu ke waktu," kata Ahli Diet Terdaftar Maxine Smith. 

"Gaya hidup yang teratur seperti olahraga, tidur nyenyak juga harus Anda lakukan," tambahnya. 

Jangan lupa, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Berikut ini jenis vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

1. Vitamin C 

Mengutip dari Cleveland Clinic, vitamin C bisa membantu mencegah infeksi atau mempersingkat masa perkembangannya. 

Buah jeruk memang dikenal sebagai sumber vitamin C, namun ada makanan lain yang juga kaya vitamin C yakni: 

  • Bayam 
  • Kubis 
  • Paprika
  • Stroberi
  • Pepaya 

2. Vitamin E 

Vitamin E menjadi antioksidan yang kuat untuk tubuh melawan infeksi. 

Vitamin ini menjadi bagian dari hampir 200 reaksi biokimia dalam tubuh, sangat penting dalam membentuk fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Berikut makanan yang mengandung vitamin E yang bisa Anda konsumsi, 

  • Kacang almond
  • Kacang tanah/ selai kacang 
  • Biji bunga matahari 
  • Minyak kedelai 
  • Kacang hazel 
  • Minyak bunga matahari 

3. Vitamin A 

Vitamin A merupakan penangkal infeksi dan tersaji dalam dua bentuk yakni makanan hewani seperti ikan, daging, dan susu atau dari karotenoid tumbuhan. 

Sekedar info, tuna adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Untuk karetonoid ini pilihan sayuran yang bisa Anda konsumsi: 

  • Wortel 
  • Ubi jalar 
  • Labu 
  • Labu mentega 
  • Blewah 
  • Sayuran berdaun hijau tua 

4. Vitamin D 

Dikenal sebagai vitamin sinar matahari, vitamin D merupakan nutrisi paling penting dan kuat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang mengandung vitamin D tinggi adalah 

  • Ikan salmon
  • Ikan kembung 
  • Tuna 
  • Sarden 

5. Folat 

Folat, mineral yang bisa mendukung terbentuknya sistem kekebalan tubuh maksimal. 

Folat banyak ditemukan di dalam kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau. 

6. Zat besi 

Mineral ini berperan untuk membawa oksigen ke sel-sel tubuh dan memiliki banyak peran dalam proses sistem kekebalan tubuh. 

Zat besi bisa Anda temukan dalam berbagai makanan seperti: 

  • Daging merah 
  • Ayam 
  • Sarden 
  • Tiram
  • Remis 
  • Kerang 
  • Tuna kalengan 
  • Kacang polong Brokoli 
  • Kubis 

7. Selenium 

Selenium memiliki efek kuat pada sistem kekebalan tubuh. Selenium banyak ditemukan dalam makanan laut, daging, hati, unggas, dan keju. 

Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya dalam jumlah besar, sebab bisa menimbulkan masalah kesehatan. 

8. Zinc 

Zind juga dibutuhkan tubuh untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. 

Umumnya, zinc banyak ditemukan dalam makanan hewani seperti tiram, kepiting, daging, unggas tanpa lemak. 

Makanan lainnya yang juga mengandung zinc adalah kacang, buncis, dan yogurt. 

Baca Juga: 11 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Asam Lambung, Salah Satunya Lidah Buaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru