Ini takaran air putih yang tepat dan tips memenuhi kebutuhan cairan harian

Kamis, 29 Juli 2021 | 11:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini takaran air putih yang tepat dan tips memenuhi kebutuhan cairan harian

ILUSTRASI. Ini takaran air putih yang tepat dan tips memenuhi kebutuhan cairan harian.

KONTAN.CO.ID -  Tubuh kita setiap harinya membutuhkan asupan cairan agar bisa bekerja dengan baik. Air putih merupakan sumber utama untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Kebutuhan air putih penting dipenuhi untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, terlebih saat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. 

Air putih memang baik untuk tubuh kita, namun konsumsi air putih perlu sesuai dengan takaran yang dianjurkan. 

Dalam beberapa kondisi, asupan air yang berlebih justru akan mengganggu kesehatan tubuh. Begitu juga sebaliknya, tubuh akan mengalami gangguan jika asupan cairan kurang dari takaran normal. 

Lalu berapa anjuran jumlah takaran air putih yang perlu dikonsumsi setiap harinya? Bersumber dari Instagram Dinas Pendidikan DKI Jakarta (Disdik DKI Jakarta), kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. 

Umumnya orang dewasa perlu mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas berukuran 230 ml setiap harinya. Jika ditotal, kebutuhan air putih orang dewasa per harinya adalah 2 liter. 

Baca Juga: 10 Pekerjaan yang bakal banyak dibutuhkan dunia kerja 2025, bidang IT paling populer

Kebutuhan cairan harian tubuh bisa didapat tidak hanya dari air putih saja. Makanan yang kita konsumsi juga dapat memberikan asupan cairan tubuh sebesar sekitar 20 persen. 

Jumlah tersebut diperoleh dari makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Contohnya saja buah semangka dan sayur bayam yang mengandung 90 persen air. 

Tips memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Meskipun tubuh setiap harinya memerlukan asupan cairan, tidak semua orang bisa secara disiplin memenuhinya. 

Tidak sedikit masyarakat yang lalai dan mengonsumsi air putih di bawah takaran yang dianjurkan. 

Efeknya tentu bisa mengganggu kinerja tubuh hingga gangguan kesehatan. Agar bisa rutin memenuhi kebutuhan air putih harian, berikut ini tips yang bisa Anda coba. 

1. Membiasakan diri dengan meminum air putih setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. 

2. Menyediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang dibawa saat beraktifitas setiap hari. Dengan cara ini Anda akan teringat untuk mengonsumsinya. 

3. Menambah rasa pada air putih agar lebih nikmat dikonsumsi. Anda bisa menambahkan irisan buah seperti lemon layaknya minuman infused water

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan rutin meminum air putih sesuai takaran, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat. 

Tambah perlindungan diri agar semakin komplit dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mengelola stres dengan baik, istirahat cukup, dan menerapkan protokol kesehatan 5M dengan ketat.

Selanjutnya: Mengenal frugal living, gaya hidup orang tajir yang patut Anda tiru

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru