kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini syarat-syarat tes GeNose C19 di stasiun yang wajib Anda ketahui


Selasa, 02 Februari 2021 / 06:50 WIB
Ini syarat-syarat tes GeNose C19 di stasiun yang wajib Anda ketahui


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia akan menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 mulai Jumat, 5 Februari 2021. Pemeriksaan GeNose C19 akan tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta. 

GeNose akan menjadi syarat untuk naik kereta jarak jauh layaknya RT-PCR atau rapid test antigen. Sebelum menggunakan layanan tersebut, VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam rilis (1/2) menjelaskan, terdapat syarat-syarat yang perlu pelanggan ketahui agar hasilnya akurat.

Baca Juga: Mulai pekan ini, aturan perjalanan kereta api lebih mudah dan hemat

Syarat-syarat GeNose C19 diantaranya sebegai berikut: 
1. Calon penumpang harus dalam kondisi sehat
2. Memiliki tiket
3. Dilarang merokok, makan, minum kecuali air putih selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel nafas. 
4. Calon penumpang diharuskan mengantre dan mendaftar dengan tertib untuk selanjutnya diberikan kantong GeNose C19 setelah melakukan proses pembayaran. 

Hingga kini biaya GeNose belum diketahui. KAI akan memberikan info biaya GeNose C19 lebih lanjut pada 5 Februari 2021. Tapi menurut EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah, biaya GeNose akan lebih terjangkau ketimbang RT-PCR atau rapid test antigen. 

"Dengan Genose C19, calon penumpang juga akan lebih dimudahkan karena harganya yang terjangkau, serta memiliki akurasi sebesar 93%-95%," ujar Dadan dalam rilis 31 Januari 2021. Sekedar info, KAI menyediakan rapid test antigen setiap stasiun dengan biaya Rp 105.000. Layanan ini khusus bagi calon penumpang untuk perjalanan kereta api jarak jauh.   

Selain itu, Dadan menambahkan, keunggulan produk GeNose C19 dibandingkan dengan rapid test antigen dan swab test/PCR yaitu cepat diketahui hasilnya, hanya memerlukan waktu selama kurang lebih 3 menit.

Sementara proses pengambilan sampel melalui metode GeNose C19 sebagai berikut: Calon penumpang diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali. 

Baca Juga: Untuk pelanggan KAI: Jika sudah lakukan GeNose, tak perlu lagi PCR/antigen

Langkahnya 2 kali di awal, ambil napas dan buang di dalam masker. Lalu pada saat pengambilan napas ke-3, langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh. 

Kunci kantong agar udara didalamnya tidak keluar dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19. Hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar 3 menit. Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan.

Hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkannya print-out. Sedangkan jika hasilnya positif, calon penumpang  tidak diperbolehkan naik Kereta Api. Tiket dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan uang tiket akan dikembalikan penuh. 

Petugas pemeriksa akan memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan menyarankan pelanggan tersebut untuk melakukan isolasi mandiri. Selanjutnya yang bersangkutan akan diarahkan oleh petugas untuk meninggalkan stasiun dan diminta melapor ke puskesmas sesuai domisili.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×