kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,54   6,90   0.74%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini segudang manfaat renang bagi tubuh


Rabu, 18 November 2020 / 16:16 WIB
Ini segudang manfaat renang bagi tubuh


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat. Kalori yang terbakar setelah berenang selama satu jam hampir sama dengan berlari. Manfaat renang lainnya dalam artikel ini bisa Anda dapat saat melakukannya secara rutin.

Memperkuat Organ dalam Tubuh

Seluruh bagian otot digunakan saat berenang. Healthline (helathline.com) mengatakan bahwa sistem kardiovaskular Anda juga terlatih saat Anda berenang. Hal itu menyebabkan organ dalam tubuh, seperti jantung dan paru-paru menjadi lebih kuat dan sehat.

Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa berenang dapat menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah dalam tubuh. Para peneliti juga mengatakan bahwa berenang mampu mengurangi resiko kematian seseorang.

Cocok Dilakukan oleh Penderita Artritis

Artritis merupakan suatu kondisi di mana sendi mengalami peradangan sehingga penderitanya bisa kesulitan untuk melakukan kegiatan. Meski demikian, berenang bisa jadi pilihan olahraga yang aman dilakukan.

Baca Juga: Tak hanya menyenangkan, ini 10 manfaat berenang bagi kesehatan

Tak hanya penderita artritis, seseorang yang mengalami kecelakaan juga bisa mencoba berenang. Salah satu manfaat renang bisa mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan akibat kecelakaan.

Bisa Dilakukan oleh Penderita Asma

Selain cocok dilakukan oleh penderita artritis, renang juga bisa dilakukan oleh penderita asma secara rutin. Hal itu disebabkan karena berenang merupakan latihan pernapasan. Dengan menahan napas saat berenang, kapasitas paru-paru akan mengembang sehingga kontrol pernapasan Anda menjadi lebih baik.

Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa berenang bisa meningkatkan resiko asma karena bahan kimia yang ada dalam kolam renang. Jadi, sebelum berenang secara rutin, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Ada banyak manfaat renang bagi kesehatan otak

Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah Anda mengalami kesulitan untuk tidur? Jika iya, cobalah untuk berenang secara rutin. Mengutip dari Healthline, kualitas hidup dan kualitas tidur orang dewasa penderita insomnia menjadi lebih baik setelah olahraga aerobik secara rutin. Salah satu jenis olahraga aerobik adalah renang.

Meningkatkan Mood

Manfaat renang lainnya yang bisa Anda rasakan adalah mood menjadi lebih stabil. Para peneliti menganilis kelompok kecil yang terdiri dari penderita demensia. Hasilnya, mood mereka menjadi lebih baik setelah berenang secara rutin selama 12 minggu. Hal yang sama juga berlaku pada seseorang yang bukan penderita demensia.

Selanjutnya: Ini olahraga yang dianjurkan untuk pasien kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×