HOME

Ini manfaat minum air secukupnya untuk kesehatan tubuh

Senin, 20 Juli 2020 | 12:01 WIB Sumber: Kompas.com
Ini manfaat minum air secukupnya untuk kesehatan tubuh

ILUSTRASI. Ilustrasi. Minum air secukupnya punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cukup minum air setiap hari memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Penasaran? Anda bisa simak manfaat minum air untuk kesehatan berikut ini.  

Setiap orang membutuhkan air yang cukup untuk menjaga organ tubuh berfungsi maksimal. 

Asal tahu saja, saat tubuh kekurangan air membuat fungsi tubuh menurun. Hal yang sama juga terjadi bila tubuh terlalu banyak mengandung air. 

Baca Juga: Asam lambung naik? Redakan dengan minuman berikut ini

Maka, setiap orang disarankan untuk minum air secukupnya atau dalam jumlah wajar. 

Tahukah Anda, minum air dalam jumlah cukup tidak hanya memaksimalkan fungsi organ tubuh. Tapi, minum air juga memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda. 

Berikut manfaat minum air untuk kesehatan tubuh.   

1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh 

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60 persen air. Fungsi cairan tubuh ini bermacam-macam mulai dari pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembentukan air liur dan lendir, sirkulasi nutrisi, hingga penyeimbangan suhu tubuh. 

Inilah mengapa air sangat dibutuhkan untuk melakukan berbagai fungsi tubuh. Pada pembentukan air liur dan lendir misalnya, fungsi air menjadi penting untuk menjaga kelembapan mulut, hidung, dan mata. 

Tidak hanya itu, darah merupakan salah satu cairan tubuh yang 90 persennya terdiri dari air. Fungsi darah sendiri penting untuk sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. 

2. Mempengaruhi tingkat energi dan fungsi otak 

Merangkum dari Healthline, fungsi otak sangat dipengaruhi oleh status hidrasi kita. Sebuah studi menunjukkan, bahkan dengan dehidrasi ringan dapat merusak banyak aspek fungsi otak. 

Dalam sebuah studi yang melibatkan para wanita muda, peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebanyak 1,4% setelah berolahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi. 

Dikutip dari Medical News Today, dehidrasi yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran.

3. Mencegah dan mengobati sakit kepala 

Dehirasi diketahui juga dapat memicu sakit kepala dan migrain pada beberapa orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum. 

Penelitian lainnya bahkan menunjukkan bahwa cukup minum dapat membantu meringankan sakit kepala pada orang yang kerap mengalaminya. 

Sebuah penelitian terhadap 102 orang pria menemukan bahwa minum 1,5 liter lebih banyak air menghasilkan peningkatan signifikan pada skala kualitas hidup khusus migrain. 

4. Meningkatkan kecantikan kulit 

Kulit mengandung banyak air. Ini mengapa asupan air yang cukup penting bagi kulit kita. Dehidrasi akan membuat kulit lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini. 

"Dehidrasi membuat kulit Anda terlihat lebih kering dan kusut, yang dapat diperbaiki dengan hidrasi yang tepat," katan dokter spesialis kulit dari Atlanta, Kenneth Ellner. 

"Tapi begitu Anda cukup terhidrasi, ginjal mengambil alih dan mengeluarkan kelebihan cairan (dari dalam tubuh)," imbuhnya. 

5. Menjaga fungsi usus dan mencegah sembelit 

Hidrasi yang cukup akan menjaga fungsi saluran pencernaan tetap normal dan mencegah sembelit. 

Saat Anda tidak mendapatkan cukup asupan air, usus besar akan menarik air dari feses. Hasilnya, Anda akan mengalami sembelit. Meningkatkan asupan cairan sering direkomendasikan sebagai cara untuk mengatasi konstipasi. 

6. Mencegah batu ginjal 

Cairan tubuh juga berfungsi membantu untuk mengangkut limbah dan mengeluarkannya dari tubuh. Ketika mendapatkan cairan yang cukup, urine akan keluar dengan mudah, berwarna terang, dan bebas bau. 

Tapi jika tubuh tidak mendapatkan cukup air maka konsentrasi urine akan berwarna gelap dan bau. Saat Anda kerap kurang minum terus menerus, maka Anda lebih berisiko terkena batu ginjal. 

7. Memaksimalkan kinerja fisik 

Saat Anda tidak cukup terhidrasi, kinerja fisik akan menurun. Pada sel-sel yang tidak dapat mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolitnya akan terjadi kelelahan otot. 

Ini mengapa jumlah asupan air yang cukup sangat penting pada saat berolahraga. Beberapa ilmuwan percaya bahwa mengonsumsi lebih banyak air dapat meningkatkan kinerja selama aktivitas berat. 

8. Membantu menurunkan berat badan 

Air juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena air dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan laju metabolisme. 

Beberapa bukti menunjukkan peningkatan asupan air dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme sehingga jumlah kalori yang dibakar juga naik. 

Penelitian yang dilakukan terhadap 50 perempuan muda dengan kelebihan berat badan pada 2013 menunjukkan bahwa minuman tambahan sebanyak 500 ml selama 3 kali sehari sebelum makan dalam 8 minggu menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.(Resa Eka Ayu Sartika) 

Baca Juga: Berikut manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Manfaat Cukup Minum Air bagi Kesehatan",

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru