Ini Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Jumat, 17 Desember 2021 | 16:06 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ini Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Mentimun baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita diabetes harus selektif mengonsumsi makanan agar gula darah tetap stabil. Mentimun, sayuran yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan penderita diabetes. 

Diabetes, penyakit yang umum diderita orang-orang di tanah air dan juga negara lainnya. 

Baca Juga: Ini Cara Tepat Konsumsi Pare untuk Penderita Diabetes

Penyakit ini dipicu oleh banyak faktor beberapa di antaranya obesitas dan gaya hidup yang buruk. 

Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Hal ini penting dilakukan agar kadar gula darah tetap stabil. 

Mengutip dari Healthline, mentimun baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Sebuah penelitian tahun 2011 dari Universitas Newcastle menyarankan diet rendah kalori mungkin terbukti efektif mengatasi diabetes tipe II. 

Sekedar info, setengah cangkir mentimun mengandung 8 kalori. Tidak hanya itu, sayuran kaya air ini mengandung serat makanan 0,3 gram, karbohidrat 1,89 gram, gula 0,87 gram, protein 0,34 gram, dan lemak 0.06 gram. 

Mentimun juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh seperti vitamin B, C, K, kalium, magnesium, biotin, fosfor, flavonoid, lignan, dan triterpena. 

Selain itu, mentimun masuk dalam golongan makanan rendah glikemik. Indeks glikemik mentimun sekitar 15, sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah. 

Mentimun dan gula darah

Sebuah penelitian tahun 2011 menyimpulkan bahwa tikus yang menderita diabetes mengalami penurunan gula darah setelah diberikan ekstrak biji mentimun. 

Penelitian tahun 2012 menunjukkan bahwa fitonutrien dalam mentimun berhubungan dengan penurunan gula darah pada tikus diabetes. 

Journal of Medicinal Plant Research menunjukkan bahwa bubur mentimun efektif mengobati dan mengelola diabates pada tikus. 

Perlu Anda ketahui, penelitian tersebut menggunakan ekstrak mentimun. Tidak ada bukti bahwa mentimun utuh bisa memberikan efek yang sama. 

Baca Juga: 4 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mengobati Cantengan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru