kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini manfaat mahkota dewa sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui


Jumat, 04 September 2020 / 13:05 WIB
Ini manfaat mahkota dewa sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mahkota dewa memang dikenal sebagai tanaman herbal. Ini manfaat mahkota dewa sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui. 

Mahkota dewa, cukup populer di dunia pengobatan herbal sejak lama. Tidak heran, mahkota dewa memang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Tanaman mahkota dewa cukup banyak ditemukan di kebun atau pekarangan rumah. Maklum saja, beberapa orang sengaja menanam mahkota dewa untuk melengkapi jenis Tanaman Obat Untuk Keluarga (Toga). 

Baca Juga: Ini manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh Anda

Mengutip dari buku berjudul Budi Daya Tanaman Obat Secara Organik karya Ir. Agus Kadirnan M.Sc., APU & Ir. Agus Ruhnayat, tanaman mahkota dewa bisa tumbuh di tanah subur dan kurang subur. 

Kandungan Mahkota Dewa 

Masuk dalam jajaran obat herbal yang mampu mengobati sejumlah penyakit, mahkota dewa mengandung banyak senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Mengutip dari buku berjudul Mahkota Dewa & Manfaatnya, mahkota dewa mengandung alkaloid, flavonoid, Polifenol,dan Saponin. 

Mahkota dewa sebagai obat herbal 

Dari seluruh tanaman mahkota dewa, bagian yang paling banyak digunakan untuk pengobatan adalah bagian buahnya. 

Untuk Anda yang belum familiar, buah mahkota dewa berbentuk bulat dengan warna merah. 

Umumnya, buah mahkota dewa diekstraksi dan diolah menjadi kapsul agar mudah dikonsumsi. Namun, ada pula buah mahkota dewa yang diolah menjadi minyak untuk digunakan sebagai pengobatan luar. 

Berikut manfaat mahkota dewa sebagai obat herbal. 

1. Obat diabates 

Mahkota dewa mengandung Saponin yang befungsi untuk mengurangi kadar darah dalam tubuh. Selain itu, zat aktif tersebut juga berperan untuk meningkatkan vitalitas dan mengurangi penggumpalan darah. 

2. Menurunkan kolesterol 

Anda penderita kolesterol? Anda bisa menurunkan kadar kolesterol dengan mengonsumsi obat herbal mahkota dewa. 

Buah Mahkiota dewa mengandung flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan kandungan kolesterol serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah. 

Artinya, selain mampu menurunkan kadar kolesterol mahkota dewa juga bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner. 

3. Obat asam urat 

Mahkota Dewa juga dipercaya mampu mengobati penyakit asam urat. Hal ini disebabkan, mahkota dewa mengandung flavonoid dan Polifenol yang menghambat produksi asam urat dalam tubuh.     

4.Meningkatkan daya tahan tubuh 

Di masa wabah penyakit menular seperti sekarang, daya tahan tubuh harus selalu maksimal. Sebab, saat daya tahan tubuh yang kuat bisa mengalahkan virus yang masuk ke dalam tubuh. 

Kandungan saponin di dalam kulit buah dan daun mahkota dewa berfungsi untuk meningkarkan sistem kekebalan tubuh Anda. 

5. Mencegah kanker 

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Namun, Anda bisa mencegah penyakit kanker dengan mengonsumsi mahkota dewa. 

Mahkota dewa kaya akan flavonoid yang berfungsi sebagai anti oksidan dan menangkal radikal bebas. 

Meski mengandung banyak senyawa aktif yang baik untuk kesehatan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi mahkota dewa secara berlebihan. 

Sebab, mahkota dewa juga mempunyai efek samping. Mengutip dari buku berjudul Mahkota Dewa: Obat Pusaka Para Dewa karya Ning Harmanto, mahkota dewa memiliki efek merangsang kerja otot rahim. Sehingga, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi mahkota dewa. 

Baca Juga: Amazing! Ini manfaat minum air rebusan daun salam untuk kesehatan tubuh Anda  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×