Ini Manfaat Air Rebusan Daun Salam, Bisa Buat Pasien Hipertensi Hingga Asam Urat

Sabtu, 12 November 2022 | 12:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini Manfaat Air Rebusan Daun Salam, Bisa Buat Pasien Hipertensi Hingga Asam Urat

KONTAN.CO.ID -  Selain sebagai bumbu masakan, daun salam juga baik dikonsumsi karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Daun salam mengandung vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Flavonoid

Kandungan inilah yang membuat daun salam memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Seperti halnya tumbuhan aromatik pada umumnya, selain digunakan untuk memberi rasa makanan, daun salam juga telah lama digunakan untuk diseduh dan dinikmati sebagai teh atau diminum air rebusannya.

Bersumber dari situs Universitas Medan Area (UMA), berikut ini manfaat air rebusan daun salam untuk tubuh. 

Baca Juga: Ini Cara Beli e-Meterai untuk Dokumen PPPK 2022 serta Harga dan Link Pembeliannya

Meningkatkan kekebalan tubuh

Air rebusan daun salam dipercaya mengandung berbagai vitamin B6, B12, C, dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Terdapat juga kandungan vitamin C di dalam air rebusan tersebut ampuh dalam melawan radikal bebas. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh pun akan baik dan membuat orang tidak mudah terserang penyakit.

Baik untuk saluran pencernaan

Daun salam memiliki kandungan enzim dengan protein yang dapat memberikan rasa nyaman untuk mereka menjalani program diet non-vegetarian. 

Oleh karena itu, mereka yang mengalami masalah pencernaan disarankan mengonsumsi air rebusan daun salam. 

Air rebusan daun salam bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti perut yang kembung, mulas, tidak teratur buang air besar, sembelit.

Mengatasi asam urat

Air rebusan daun salam bermanfaat mengatasi masalah asam urat. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. 

Penderita asam urat sering kali merasakan nyeri yang membuat aktivitas menjadi terganggu.

Kandungan asam urat yang tinggi membuat rasa nyeri tersebut terasa sangat menyakitkan. Untuk mengobati penyakit ini bisa menggunakan daun salam.

Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Manfaat daun salam lainnya yaitu bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol tubuh. Kandungan flavonoid yang cukup tinggi dalam daun salam mampu menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, kandungan Quercetin yang ada di dalam tanaman rempah ini juga mampu menurunkan kolesterol darah Anda.

Baca Juga: Mengenal Sistem Ekonomi Tradisional, Pengertian, Kelemahan, dan Kelebihannya

Mengurangi stres

Daun salam juga kaya akan linalool. Senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, terutama bila digunakan sebagai aromaterapi. 

Kelebihan hormon stres bisa berbahaya bagi kesehatan jangka panjang, sehingga manfaat daun salam dapat membantu Anda tenang dan tetap rileks bahkan di saat-saat kecemasan sedang melonjak.

Menurunkan gula darah

Daun salam ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula yang bisa menyebabkan diabetes. Manfaat daun salam untuk kesehatan ini karena memiliki kandungan flavonoid yang mampu menurunkan kadar gula dengan cepat. 

Anda bisa meracik daun salam ditambah dengan bahan alami lain seperti kumis kucing. Rebus kedua bahan tersebut lalu minum air hasil rebusannya.

Menyembuhkan radang di lambung

Manfaat lain dari rebusan daun salam yaitu bisa menyembuhkan peradangan lambung. Peradangan yang terjadi di lambung bisa menyebabkan gangguan lain pada saluran pencernaan. 
Selain itu, lambung yang meradang juga bisa membuat penderita penyakit ini merasa tidak nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru