Ini manfaat air lemon untuk kesehatan penderita diabetes

Selasa, 09 November 2021 | 11:08 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ini manfaat air lemon untuk kesehatan penderita diabetes

ILUSTRASI. Air lemon memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan penderita diabetes.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Air lemon kaya akan serat dan memiliki jumlah kalori rendah. Ini manfaat air lemon untuk kesehatan penderita diabetes. 

Segelas air lemon nikmat diminum kapan saja. Bahkan minuman segar ini digemari sebagian masyarakat. 

Baca Juga: 7 Sayuran ini efektif menurunkan gula darah tinggi

Mengutip dari NDTV.com, air lemon bisa menjadi minuman alternatif pengganti minuman manis dan soda. 

Bahkan, sejumlah ahli merekomendasikan air lemon untuk penderita diabetes. 

Amankah air lemon dikonsumsi penderita diabetes? 

Diabetes merupakan kondisi yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Asal tahu saja, diabetes merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat di seluruh dunia. Ada sekitar 425 juta orang di seluruh dunia yang menderita diabetes. 

Membuat kadar gula darah kembali normal gampang-gampang susah. Diet menjadi salah satu cara untuk mengelola kadar gula darah. 

Para penderita diabetes harus mengurangi konsumsi karbohidrat dan meningkatkan konsumsi makanan serta minuman yang mengandung serat tinggi dan antioksidan. 

Air lemon merupakan minuman yang rendah kalori, karbohidrat, dan mengandung serat larut. 

Air lemon tidak secara langsung bisa mempengarungi nilai kadar gula darah. Namun, air lemon bisa mencegah lonjakan gula darah yang terlalu dini. 

Selain itu, air lemon bisa menjaga tubuh para penderita diabetes tetap terhidrasi. Serat larut dalam lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan, mengontrol tekanan darah, serta kolesterol. 

American Diabetes Association menjuluki lemon sebagai makanan super diabetes. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition menyebutkan naringinen, senyawa kimia yang ada di dalam lemon memiliki sifat antidiabetes. Penelitian tersebut dilakukan pada tikus.  

Para penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi segelas air lemon segar setiap hari saat perut kosong. Perlu diingat sebaiknya penderita diabetes tidak menambahkan gula di dalam air lemon.

Baca Juga: Memicu nyeri sendi, ini efek samping tomat untuk kesehatan

 

Selanjutnya: Kini Semua Bergantung pada Teknologi, Perlu Adaptasi Secara Bertahap

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru