Ini makanan sumber karbohidrat selain nasi, lebih sehat tapi tetap mengenyangkan

Kamis, 15 Juli 2021 | 16:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini makanan sumber karbohidrat selain nasi, lebih sehat tapi tetap mengenyangkan

ILUSTRASI. Ini makanan sumber karbohidrat selain nasi, lebih sehat tapi tetap mengenyangkan.

KONTAN.CO.ID -  Nasi memang menjadi makanan pokok utama masyarakat Indonesia yang mengandung karbohidrat. Terdapat beberapa bahan makanan yang bisa menjadi pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. 

Kita sering mendengar istilah "belum makan kalau belum makan nasi". Istilah ini merujuk kepada kebiasaan masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi sebagai bahan pokok utama. 

Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Meskipun demikian, dilansir dari Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), banyak orang yang mengkonsumsi nasi bersama karbohidrat lainnya. 

Anda mungkin sering menyantap kentang seperti perkedel kentang bersama dengan nasi. Atau mungkin makan mi instan bersama dengan nasi agar kenyang. 

Kentang dan mi merupakan contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Meskipun demikian, tidak sedikit masyarakat yang menganggap dua bahan masuk dalam kategori lauk. 

Baca Juga: Mengenal magnet mulai dari pengertian, jenis, dan sifat-sifatnya

Sumber karbohidrat selain nasi

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang harus menyantap nasi meskipun sudah ada makanan lain yang mengandung karbohidrat, cukup sulit untuk dihidangkan. 

Padahal mengonsumsi karbohidrat berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama bagi yang sedang menjalani program diet. 

Bagi Anda yang ingin mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain, berikut ini empat sumber makanan pengganti nasi menurut Disdik Jabar. 

  • Jagung

Sumber karbohidrat ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Jagung mengandung beragam vitamin seperti vitamin A, B, dan C. 

  • Ubi jalar

Sama dengan jagung, ubi jalar juga mengandung beragam vitamin yang baik untuk tubuh. Sumber makanan pengganti nasi ini mengandung vitamin A dan C yang mencapai 61 persen kebutuhan harian tubuh. 

  • Singkong

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, singkong bisa menjadi sumber karbohidrat untuk menggantikan nasi. 

Singkong memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu tubuh menurunkan kolesterol jahat. 

  • Talas

Sumber makanan pengganti nasi yang terakhir adalah talas. Sumber karbohidrat ini sangat baik untuk orang-orang yang ingin menghindari penyakit jantung dan tekanan darah. 

Talas mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan hipertensi. 

Selanjutnya: Ini daftar pertanyaan untuk BKN dan instansi CPNS 2021, jangan sampai keliru

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru