Tips Sehat

Ini lima makanan yang bisa menjaga kesehatan paru-paru

Senin, 30 Maret 2020 | 12:48 WIB Sumber: Kompas.com
Ini lima makanan yang bisa menjaga kesehatan paru-paru

ILUSTRASI. Berbagai buah Apel. KONTAN/Muradi/2019/07/19

KONTAN.CO.ID - Paru-paru merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh manusia. Kesehatan paru-paru harus dijaga agar mampu berfungsi maksimal. Berikut makanan yang bisa menjaga kesehatan paru-paru.  

Sebagai langkah menghadapi pandemi virus corona, para ahli kesehatan di dalam dan luar negeri mendorong semua orang untuk melakukan social distancing, menjalani karantina sendiri, dan tentu saja mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air untuk membantu memperlambat penyebarannya.

Baca Juga: Ini bahan dan cara membuat cairan disinfektan sendiri di rumah

Tapi ada hal lain yang penting diingat, hal pertama yang diserang oleh virus corona pada Covid-19 adalah sistem pernapasan, yang berarti paru-paru kita. 

Karena itu, sangat penting merawat paru-paru Anda dengan benar, sebab mencuci tangan saja tampaknya kurang efektif jika paru-paru Anda tidak cukup sehat untuk menahan infeksi apa pun dengan sendirinya.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, untuk membantu melindungi dari berbagai kondisi pernapasan. Berikut lima makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru: 

1. Apel 

Sebuah apel sehari bukan hanya akan menjauhkan kita dari dokter, tapi juga membantu menjaga dari virus corona. Ini karena apel kaya akan phytochemical yang dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang selanjutnya akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru. 

2. Sayuran hijau 

Yang kedua adalah sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, yang semuanya penuh dengan nutrisi seperti serat, mineral, antioksidan, dan vitamin yang semuanya mendukung kesehatan paru-paru.  

3. Teh hijau 

Jika kamu menyukai minuman hangat yang menenangkan, teh hijau merupakan pilihan yang bagus karena dipenuhi dengan polifenol dan antioksidan yang dikenal membantu menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru dalam berbagai penelitian. 

Selain itu, konsumsi teh hijau secara teratur juga diketahui mengurangi risiko mengembangkan penyakit paru obstruktif kronis. 

4. Bawang putih 

Anda juga dapat mencoba bawang putih, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang juga dapat membantu melindungi paru-paru dari stres oksidatif. Hal itu juga dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru di masa mendatang.   

5. Ikan salmon 

Jika Anda pencinta makanan laut, ada kabar baik, karena salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. 

Salmon juga dikenal rendah asam lemak omega 6 pro-inflamasi yang diketahui banyak ditemukan dalam makanan "modern" yang tak sehat. Selain itu, salmon merupakan sumber selenium, yaitu mineral yang bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh. 

Ini berkaitan dengan penurunan risiko radang sendi, menjaga sistem kekebalan tubuh dan tiroid, serta membantu menjaga jaringan tubuh dengan mencegah kerusakan sel. 

Selain mengonsumsi lima makanan tersebut, yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah berhenti merokok. Pasalnya, perokok dan pengguna vape (rokok elektrik) ternyata lebih berisiko mengalami infeksi virus corona. 


Temuan ini didapatkan dari laporan terbaru publikasi ilmu pengetahuan Scientific American kepada Express.co.uk, Imunolog Dr. Jenna Macciochi menyarankan para perokok dan pengguna vape untuk segera berhenti. 

"Jika ada waktu yang paling tepat untuk berhenti merokok, itu adalah sekarang," katanya. Merokok menekan fungsi kekebalan di paru-paru dan memicu peradangan.

Meskipun sekarang banyak yang beralih menggunakan vape sebagai alternatif dari rokok konvensional, vape rupanya juga membawa risiko yang sama.

Baca Juga: Ini cara mudah disenfektan permukaan benda di rumah secara mandiri

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Wabah Corona", 

Editor : Bestari Kumala Dewi

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru