Ini kata epidemiolog soal penggunaan masker di mobil

Selasa, 25 Mei 2021 | 11:50 WIB   Reporter: Ratih Waseso
 Ini kata epidemiolog soal penggunaan masker di mobil

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penerapan protokol kesehatan 5M tak henti-hentinya terus diingatkan ke masyarakat. Di mana dengan protokol kesehatan yang disiplin mampu mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Penggunaan masker dengan benar serta pemilihan masker yang tepat juga menjadi hal perlu diperhatikan. Selama pandemi masyarakat diwajibkan menggunakan masker baik saat bekerja, berbelanja, di transportasi umum hingga beribadah di tempat ibadah.

Namun, terkait pemakaian masker di mobil, Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman menilai, jika seseorang hanya sendirian di mobilnya maka pemakaian masker tidak diperlukan. Namun masker wajib dikenakan saat seseorang sedang bersama orang lain di mobil.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Senin (24/5): Tambah 5.907 kasus, tetap pakai masker

"Sebetulnya kalau sendirian dimobil ya tidak ada kewajiban untuk memakai masker. Jadi kalau mobil sendirian ya tidak usah pakai masker. Kecuali ada orang lain," kata Dicky kepada Kontan.co.id, Senin (24/5).

Selain adab penggunaan masker di mobil saat bersama orang lain, Dicky juga mengingatkan perlunya mengatur sirkulasi udara di dalam mobil.

Ada baiknya meski sudah menggunakan AC saat di dalam mobil bersama orang lain perlu juga membuka sedikit jendela, agar terdapat sirkulasi udara.

"Saat ada orang lain, selain sama-sama pakai masker jendela harus dibuka kalau pakai AC ya dibuka sedikit. Kenapa? Agar membantu sirkulasi udara. Kalau sendiri sekali lagi tidak perlu apa dasarnya? Apa dasarnya memakai masker saat sendirian di mobil," ungkapnya.

Selain itu yang perlu diperhatikan saat pemakaian masker ialah, selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer saat akan memakai atau melepas masker.

"Hal yang saya mau perjelas adalah membuka dan memakai masker itu harus cuci tangan atau pakai hand sanitizer. Kalau dari rumah berkendara naik mobil, sudah pakai masker nah supaya praktis tidak buka-pakai masker bisa di mobil tetap pakai masker, dengan dasar bahwa tiap buka/pakai masker perlu hand sanitizer. Kalau tidak mau repot ya pakai masker saja meski sendirian, lebih ke praktis saja biar tidak buka/pakai," jelasnya.

Selain itu, Dicky juga mengingatkan agar ketika membuka masker yang sudah digunakan langsung dimasukkan ke plastik yang memiliki penutup atau sealing.

"Kalau misal pulang kerja sendirian ya masker dilepas di mobil dimasukkan ke plastik yang ada sealingnya. Apalagi misal pulang dengan istri atau suami tidak apa-apa masalah," imbuhnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru