Ini jumlah kebutuhan air putih harian serta tips untuk memenuhinya

Minggu, 26 September 2021 | 08:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini jumlah kebutuhan air putih harian serta tips untuk memenuhinya

KONTAN.CO.ID - Kebutuhan air putih penting dipenuhi setiap harinya untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, terlebih saat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. 

Air putih memang baik untuk tubuh kita, namun konsumsi air putih perlu sesuai dengan takaran yang dianjurkan akar fungsinya bisa maksimal. 

Dalam beberapa kondisi, asupan air yang berlebih justru akan mengganggu kesehatan tubuh. Begitu juga sebaliknya, tubuh akan mengalami gangguan jika asupan cairan kurang dari takaran normal. 

Lalu berapa anjuran jumlah takaran air putih yang perlu dikonsumsi setiap harinya? Bersumber dari Instagram Dinas Pendidikan DKI Jakarta (Disdik DKI Jakarta), kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. 

Baca Juga: Ini dia 5 tempat wisata alam populer di Papua yang wajib Anda kunjungi

Pada umumnya kebutuhan air orang dewasa adalah sebanyak 8 gelas berukuran 230 ml per harinya. Jika ditotal, orang dewasa permu mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter per harinya. 

Selain dari asupan air putih, kebutuhan cairan tubuh juga bisa bersumber dari makanan. Makanan yang kita konsumsi setidaknya menyumbangkan kebutuhan cairan tubuh sekitar 20 persen. 

Jumlah tersebut diperoleh dari makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Contohnya saja buah semangka dan sayur bayam yang mengandung 90 persen air. 

Tips memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Meskipun tubuh setiap harinya memerlukan asupan cairan, tidak semua orang bisa secara disiplin memenuhinya. 

Masih banyak masyarakat yang lalai dan mengonsumsi air putih di kurang dari jumlah yang dianjurkan. 

Efeknya tentu bisa mengganggu kinerja tubuh hingga gangguan kesehatan. Agar bisa rutin memenuhi kebutuhan air putih harian, berikut ini tips yang bisa Anda coba. 

1. Membiasakan diri dengan meminum air putih setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. 

2. Menyediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang dibawa saat beraktivitas setiap hari. Dengan cara ini Anda akan teringat untuk mengonsumsinya. 

3. Menambah rasa pada air putih agar lebih nikmat dikonsumsi. Anda bisa menambahkan irisan buah seperti lemon layaknya minuman infused water

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan rutin meminum air putih sesuai takaran, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat. 

Tambah perlindungan diri agar semakin komplit dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mengelola stres dengan baik, istirahat cukup, dan menerapkan protokol kesehatan 5M dengan ketat.

Selanjutnya: 8 Kampus terbaik Indonesia ini lulusannya cepat dapat kerja versi QS WUR, Undip no 1!

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru