Ini gejala tipes dan pencegahannya yang bisa Anda coba

Senin, 31 Mei 2021 | 11:24 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini gejala tipes dan pencegahannya yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Sakit kepala dan tubuh yang terasa lemah termasuk beberapa gejala tipes yang bisa Anda alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Anda bisa terinfeksi penyakit itu saat melakukan kontak dekat dengan penderita tipes atau mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri tersebut.

Karena termasuk salah satu jenis penyakit menular, Anda perlu berhati-hati dengan infeksi penyakit tersebut. Mengutip dari Mayo Clinic (mayoclinic.org), antibiotik memang bisa menyembuhkan penderita tipes.

Namun, penderita tipes masih bisa menyebarkan infeksi bakteri bersama dengan feses yang keluar. Hal itu tetap terjadi meski gejala tipes sudah tidak muncul. Supaya Anda tidak menularkan penyakit ke orang lain dan supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai, ada beberapa gejala yang perlu Anda waspadai.

Gejala Awal

Setiap orang mengalami gejala tipes yang berbeda-beda. Biasanya, gejala penyakit akan semakin parah satu hingga tiga minggu setelah Anda terinfeksi penyakit tersebut. Beberapa gejala yang Anda alami adalah sakit kepala, demam, nyeri otot, batuk kering, sakit perut, diare, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pilihan makanan untuk penderita tipes yang sebaiknya dikonsumsi

Gejala Tipes yang Lebih Serius

Jika gejala-gejala awal tidak ditangani segera, kondisi kesehatan bisa memburuk. Bahkan, penyakit tipes bisa mengakibatkan kematian. Penyakit tipes dapat mengakibatkan Anda mengigau dan membuat tubuh sangat lemah hingga Anda kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari.

Melansir Mayo Clinic, gejala tipes bisa kembali Anda rasakan dua minggu setelah demam hilang. Jadi, Anda tetap perlu berhati-hati. Segera periksakan diri ke dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat.

Baca Juga: Didiagnosis tipes, tapi ternyata Covid-19, apa penyebabnya?

Cara Mencegah Infeksi Tipes

Ada banyak cara yang bisa Anda coba supaya terhindar dari infeksi tipes. Pertama, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Apalagi saat Anda perlu menyiapkan makan atau baru saja mengunjungi toilet umum.

Kedua, hindari minum air putih yang tidak jelas sumbernya. Sebagai pilihan, Anda bisa mengonsumsi air putih dalam kemasan. Ketiga, hindari mengonsumsi sayur dan buah dalam keadaan mentah. Anda perlu menjaga kebersihan makanan yang Anda konsumsi.

Mulai dari mencucinya dengan air bersih atau merebusnya terlebih dahulu. Mendapat suntikan vaksin tipes juga bisa Anda jadikan pilihan. Jika Anda sudah terlanjut terinfeksi penyaki tipes, jangan lupa untuk memanfaatkan antibiotik, ya.

Selanjutnya: Waspadai 7 penyakit yang mengintai usai banjir

Editor: Belladina Biananda
Terbaru