Kesehatan Umum

Ini gejala dan penyebab usus buntu yang perlu Anda waspadai

Kamis, 15 April 2021 | 14:21 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini gejala dan penyebab usus buntu yang perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Penyebab usus buntu perlu Anda ketahui supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.


KONTAN.CO.ID - Penyakit usus buntu perlu segera Anda atasi. Salah satu cara agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih efektif adalah dengan mengetahui faktor apa saja yang jadi penyebab usus buntu.

Jika penyakit usus buntu tidak bisa Anda atasi, masalah itu dapat mengganggu kondisi kesehatan bagian tubuh yang lain. 

Penyakit usus buntu merupakan kondisi di mana organ dalam tubuh itu mengalami peradangan. Jika terus dibiarkan, peradangan akan semakin parah, bahkan usus buntu bisa pecah.

Saat hal itu terjadi, infeksi akan menyebar ke bagian tubuh yang lain sehingga menyebabkan masalah kesehatan yang lebih banyak.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba supaya penyakit usus buntu bisa tertasi dengan baik. Misalnya, radang usus buntu yang disebabkan oleh infeksi bakteri diberi antibiotik.

Supaya Anda tidak terlambat mendapat perawatan yang sesuai, Anda perlu memerhatikan gejala-gejala yang Anda rasakan.

Baca Juga: Gejala usus buntu ini sebaiknya tidak Anda abaikan

Gejala usus buntu

Setiap orang bisa mengalami gejala usus buntu yang berbeda-beda. Mengutip Rx Harun, radang usus buntu yang semakin parah terasa di perut bagian kanan bawah.

Selain itu, ada pula gejala lain yang Anda rasakan. Mulai dari sakit perut yang semakin parah saat Anda batuk atau bersin, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, perut kembung, diare, hingga frekuensi buang air kecil meningkat.

Tentu saja, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Baca Juga: Kenali macam-macam penyebab sakit perut

Penyebab usus buntu

Penyebab usus buntu merupakan hal penting yang perlu Anda ketahui. Rx Harun menyebutkan, ada banyak faktor yang bisa membuat usus buntu tersumbat. Saat hal itu terjadi, usus buntu akan terinfeksi dan menimbulkan kondisi yang lebih parah, seperti munculnya nanah.

Iritasi pada saluran pencernaan, infeksi parasit, kecelakaan, dan tumor adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan usus buntu Anda meradang. Jika hal itu terjadi dan terus dibiarkan, ada beberapa komplikasi yang bisa Anda alami.

Usus buntu Anda bisa pecah sehingga infeksi menyebar ke bagian tubuh yang lain. Kondisi itu dapat mengancam nyawa Anda sehingga perawatan yang sesuai perlu segera dilakukan untuk membersihkan perut Anda dari penyebaran infeksi.

Selanjutnya: 5 Penyebab diare yang bisa Anda alami, kenali

Editor: Belladina Biananda
Terbaru