kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Gejala Covid-19 Omicron yang Sudah Masuk ke Indonesia


Kamis, 16 Desember 2021 / 12:26 WIB
Ini Gejala Covid-19 Omicron yang Sudah Masuk ke Indonesia
ILUSTRASI. gejala omicron


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Varian Covid-19 Omicron sudah masuk ke Indonesia. Hal ini diumumkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Terdapat satu kasus positif Covid-19 Omicron yang terdeteksi pada petugas kebersihan yang bertugas di RSDC Wisma Atlet.

Budi mengungkapkan, kasus pertama penularan varian Omicron masuk ke Indonesia ini bermula dari terdeteksinya tiga orang petugas kebersihan di Wisma Atlet.

"Ada tiga orang pekerja kebersihan di Wisma Atlet yang pada 8 Desember lalu dites dan hasilnya positif (Covid-19). Kemudian pada 10 Desember dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan genome sequencing," ujar Budi, dikutip Kontan.co.id, Kamis (16/12).

Sementara itu, dua orang lain yang positif dipastikan tidak terpapar varian dari Afrika Selatan itu. Budi juga mengungkapkan, ketiga orang tersebut positif tanpa gejala. Ketiganya pun telah menjalani karantina di Wisma Atlet.

Kemudian, ketiga pasien itu pun telah menjalani tes PCR kedua dan hasilnya sudah diketahui negatif Covid-19.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Ungkap Ada 5 Kasus Konfirmasi yang Diduga Varian Omicron

Gejala terpapar Covid-19 Omicron

Terdapat perbedaan gejala Covid-19 Omicron dengan gejala terpapar virus corona varian lainnya. Gejala Omicron tidak menyebabkan kehilangan penciuman dan perasa.

Serta gejala Omicron juga tidak menimbulkan turunnya kadar oksigen di dalam tubuh. Dirangkum dari laman Euro News, gejala Omicron adalah kelelahan, pilek, dan tenggorokan sakit.

Sehingga, gejala Omicron lebih mirip dengan orang yang terinfeksi flu ringan. Selain itu, gejala Omicron adalah adanya rasa kelelahan yang ekstrim termasuk rasa sakit di seluruh badan dan kepala selama dua hari.

Baca Juga: Satu Kasus Omicron Ditemukan di Indonesia, Menkes Minta Masyarakat Tidak Panik

Berikut adalah gejala Omicron secara lebih detail:

1. Kelelahan

Kelelahan menjadi gejala umum terpapar Covid-19 termasuk menjadi gejala Omicron. Kelelahan yang dirasakan oleh pasien Covid-19 termasuk lelah mental dan lelah fisik.

Lelah secara mental adalah kondisi medis ketika seseorang merasa lelah secara emosional. Pasien mungkin mendapati diri mereka kurang produktif dan mengalami fungsi kognitif yang buruk.

Seperti tidak dapat berkonsentrasi atau fokus pada tugas. Sementara lelah secara fisik didefinisikan saat seseorang merasa sulit secara fisik untuk melakukan hal-hal yang biasanya mereka lakukan, seperti menaiki tangga. Gejalanya termasuk otot menjadi lemah.

Baca Juga: Jangan Sampai Bayar Mahal, Ini 5 Aturan Pemeriksaan Tes PCR Terbaru




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×