kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini enam cara alami turunkan kolesterol


Selasa, 20 September 2016 / 14:32 WIB
Ini enam cara alami turunkan kolesterol


Sumber: Kompas.com | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Banyak orang yang mengalami kolesterol tinggi saat ini. Penyebab utamanya tak lain karena asupan makanan yang tidak sehat, seperti berlebihan lemak dan gula.

Kolesterol sebenarnya membantu tubuh memroduksi membran sel, merangsang produksi hormon tertentu, hingga membantu penyerapan vitamin D dalam tubuh. Tetapi, jika jumlah kolesterol berlebihan, dapat membentuk plak dan menghambat aliran darah.

Meski tahu dampak buruk kelebihan kolesterol, nyatanya masih banyak orang tetap santai konsumsi makanan tinggi kolesterol. Padahal, tak terlalu sulit menghindari kolesterol yang berlebihan. Berikut 6 cara alami menurunkan Kolesterol seperti dikutip dari Boldsky.com

1. Hindari lemak trans
Langkah utama mengurangi kolesterol tinggi adalah menghindari konsumsi makanan yang kaya akan lemak trans seperti burger, pizza, keripik, cake atau banyak makanan yang digoreng. Lemak trans merupakan penyebab utama tingginya kolesterol.

2. Pilih protein
Lebih baik sertakan makanan yang tinggi protein ketimbang lemak. Protein akan membuat Anda kenyang lebih lama. Jika ingin makan daging, pilihlah daging yang tanpa lemak. Dada ayam atau ikan bisa jadi pilihan terbaik.

3. Makan gandum
Salah satu cara terbaik menurunkan kolesterol adalah konsumsi gandum setiap sarapan. Gandum mengandung serat yang disebut glukan yang dapat membantu penurunan Kolesterol dalam tubuh.

4. Olahraga
Olahraga tak pernah absen dalam setiap tips hidup sehat. Olahraga atau aktivitas fisik teratur setiap hari sangat membantu menurunkan kolesterol. Tak perlu olahraga terlalu berat, mulailah dengan latihan setidaknya 15 menit saja per hari.

5. Makan buah
Tak ada yang menyangkal, buah adalah makanan sehat. Selalu sertakan buah-buahan saat Anda makan. Sebagian besar buah kaya antioksidan dan serat yang dapat menyingkirkan kolesterol berlebih

6. Konsumsi kayu manis
Dalam sejumlah penelitian, kayu manis merupakan obat alami untuk menurunkan kadar Kolesterol. Tambahkan kayu manis dalam minuman hangat Anda, seperti teh dan kopi.

(Dian Maharani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×