Ini efek samping vaksin Covid-19 yang perlu Anda ketahui

Jumat, 29 Januari 2021 | 14:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini efek samping vaksin Covid-19 yang perlu Anda ketahui

ILUSTRASI. Anda tak perlu khawatir terhadap efek samping vaksin Covid-19 karena hal itu wajar terjadi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring berjalannya waktu, vaksin Covid-19 pun mengalami perkembangan. Ada beberapa efek samping yang perlu Anda ketahui.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena efek samping vaksin adalah hal yang wajar terjadi ketika tubuh membangun sistem imun.

Mengutip dari Best Life, beberapa efek samping yang bisa Anda rasakan setelah mendapat vaksin Covid-19 adalah demam, kelelahan, dan nyeri otot. Efek samping ini umum terjadi, apalagi setelah mendapat vaksin dosis kedua.

Setelah mendapat vaksin kedua, kondisi tubuh bisa terbilang prima dan akan memberikan reaksi. Hal itulah yang menyebabkan terjadi efek samping. Efek samping juga bisa jadi tanda bahwa vaksin benar-benar bekerja.

Meski demikian, masyarakat diimbau untuk tidak takut mendapat vaksin Covid-19.

Melansir Best Life, hanya ada 2,1 kasus reaksi alergi per 1 juta dosis Moderna dan 6,2 kasus reaksi alergi per 1 juta Pfizer. Reaksi alergi juga bisa ditangani secara efektif oleh tenaga kesehatan.

Baca Juga: Kapan masa inkubasi virus Covid-19 paling menular? Ini penjelasannya

Baca Juga: Kendalikan pandemi corona, percepatan vaksinasi dan peningkatan 3T jadi kunci

Perlu diingat, risiko terinfeksi virus corona lebih tinggi daripada reaksi alergi karena vaksin Covid-19. Karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk mendapat suntikan vaksin.

Meski vaksin virus corona mengalami perkembangan, Anda tidak boleh melupakan protokol kesehatan.

Hindari kegiatan di luar rumah yang melibatkan banyak orang. Jika Anda terpaksa melakukannya, selalu jaga jarak dengan orang lain, pakai masker dengan cara yang benar, dan rajin cuci tangan memakai sabun dan air mengalir.

Anda juga bisa memakai hand sanitizer dalam keadaan darurat agar kebersihan tangan tetap terjaga. Selain itu, usahakan untuk membersihkan permukaan benda menggunakan disinfektan secara rutin.

Selanjutnya: Waspada! WHO bilang varian baru Covid-19 menyebar cepat di puluhan negara

Editor: Belladina Biananda
Terbaru