kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini efek samping terlalu banyak minum kopi untuk penderita maag


Kamis, 10 September 2020 / 19:26 WIB
Ini efek samping terlalu banyak minum kopi untuk penderita maag
ILUSTRASI. Ilustrasi. Kopi hitam.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum kopi memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, bagi penderita maag, minum kopi berlebihan bisa memicu masalah kesehatan.  

Bagi orang yang memiliki penyakit maag, selalu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Salah satu minuman berkafein yang dilarang adalah minum kopi. 

Baca Juga: Ini manfaat minum kopi empat gelas per hari

Pada dasarnya, kopi bisa membuat maag Anda kambuh. Tapi, apa benar orang yang memiliki maag tidak boleh minum kopi sama sekali? 

Kafein yang  terdapat dalam kandungan kopi dapat meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Selain itu, kafein dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung dapat naik sampai ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD). 

Kopi, bahkan kopi dekafein (yang kandungan kafeinnya rendah) sekalipun, telah terbukti bisa merangsang produksi asam. Terlebih, minum kopi saat perut kosong bisa meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan. 

Ini karena asam dari lambung bisa naik sampai ke kerongkongan. Akibatnya, dada atau tenggorokan bisa terasa panas dan terbakar. Kondisi ini dinamakan heartburn. 

Menurut MedlinePlus, seperti yang dikutip dari Livestrong, orang yang sehat umumnya bisa mengonsumsi hingga 200 miligram kafein setara dengan satu sampai dua cangkir setiap hari, tanpa efek samping tertentu. 

Namun mereka pun bisa terkena insomnia dan sakit perut maag arena kopi. Terlebih bagi mereka yang memiliki penyakit maag, di mana kafein bisa menjadi pendorong kambuhnya sakit itu. 

Jadi, ada baiknya para penderita maag mengurangi asupan kopi, yakni paling banyak secangkir kecil dalam satu hari. Jika lebih dari takaran itu, dikhawatirkan asam lambung akan naik dan maag pun kambuh. 

Anda juga bisa pilih kopi yang mengandung sedikit kafein. Sebab, kandungan kafein bisa berbeda-beda menurut cara pengolahan kopinya. Semakin lama kopi dipanggang, semakin hitam warnanya, maka semakin tinggi kafeinnya. 

Selain itu, Anda tidak disarankan minum kopi saat perut kosong. Artinya minumlah kopi setelah makan makanan padat. 

Minum secangkir air hangat begitu bangun tidur, dan kemudian lahap sarapan Anda sebelum akhirnya bisa menyeruput segelas kopi favorit Anda.(Wisnubrata) 

Baca Juga: Ini efek minum kopi saat perut kosong, penggemar kopi wajib tahu

Selanjutnya: Ini loh manfaat minum kopi panas dan es kopi hitam polos untuk kesehatan tubuh Anda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Punya Maag Tapi Masih Sering Minum Kopi? Ini Bahayanya",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×