kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini dia makanan pereda stres dan jaga badan ideal


Jumat, 08 April 2016 / 11:23 WIB
Ini dia makanan pereda stres dan jaga badan ideal


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Ketika stres, biasanya kita akan mencari makanan sebagai pengalihan atau pelarian emosi. Solusi stres seperti ini, akan menghasilkan stres yang lain karena berpotensi membuat lingkar pinggang melebar. 

Ada pilihan yang lebih baik untuk meredakan stres dan kekecewaan. Berikut empat saran makanan pereda stres yang sehat dari Keri Gans, M.S., R.D., ahli gizi dan penulis buku The Small Change diet.

Alpukat
 

Alpukat sarat dengan vitamin B (yang sudah terbukti sebagai penghilang stres), serta lemak tak jenuh tunggal dan serat, yang keduanya membantu membuat Anda kenyang, kata Gans.

Nikmati setengah porsi alpukat dengan perasan jeruk nipis di atasnya, dan makan dengan sendok. Karena tekstur alpukat begitu lembut, maka sangat tepat bila disantap saat Anda stres berhasrat makan es krim, kata Gans.

Susu cokelat
Mood sedang tidak bagus dan ingin menyantap yang manis-manis? Pilih saja minuman favorit anak-anak: Susu cokelat.

"Susu cokelat mengandung potasium, yang membantu meredakan kejang oto,t jika Anda sedang berhadapan dengan stres fisik," kata Gans. Pastikan memilih susu cokelat versi rendah lemak.

Havermut
Makanan sangat kaya serat ini akan membuat Anda kenyang dan memberi Anda cara instan untuk mengatasi stres.

"Oatmeal membantu mengaktifkan produksi serotonin, yang merupakan senyawa kimia yang yang menimbulkan perasaan senang," jelas Gans. Gunakan susu tanpa lemak untuk menambah rasa (dan Anda akan mendapatkan tambahan protein dan kalsium).

Buah beri
Mengonsumsi buah rendah kalori adalah cara yang sehat untuk memperbaiki kadar gula Anda. Raspberry,stroberi, blueberry, dan saudara-saudaranya, penuh dengan antioksidan penghilang stres dan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika Anda ingin camilan yang lebih mengenyangkan atau untuk sarapan, Gans menyarankan mencampur buah beri dengan yogurt Yunani rendah lemak. (Bestari Kumala Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×