Ini Dampak Jika Minum Kopi Berlebihan, dari Hipertensi hingga Diabetes

Kamis, 07 Juli 2022 | 16:03 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini Dampak Jika Minum Kopi Berlebihan, dari Hipertensi hingga Diabetes

ILUSTRASI. Ini Dampak Jika Minum Kopi Berlebihan, dari Hipertensi hingga Diabetes.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Mengonsumsi kopi memang baik untuk kesehatan, namun jika berlebihan bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit. 

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini. Bahkan sekarang ada banyak coffee shop yang bisa dengan mudah ditemui. 

Rasanya yang nikmat dan bisa mengurangi rasa kantuk membuat banyak orang mengonsumsi minuman ini. Namun konsumsi kopi yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan tubuh kita. 

Ira Purnamasari, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), menjelaskan ada beberapa bahaya yang timbul jika kopi dikonsumsi terlalu banyak. 

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Sel Darah Putih, Fungsi, dan Ciri-Cirinya

Bahaya konsumsi kopi yang berlebihan. 

Ira menjelaskan jika kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan hingga menimbulkan nyeri ada ulu hati dan diare.

"Hingga berisiko mengalami GERD (gastroesophageal reflux disease) yakni asam lambung naik hingga kerongkongan yang mengakibatkan dada dan tenggorokan terasa panas dan terbakar,” ucapnya seperti dikutip dari situs UM Surabaya. 

Bahaya konsumsi berlebihan selanjutnya adalah risiko hipertensi dan penyakit jantung. 

Kafein dapat merangsang pengeluaran hormon adrenalin lebih banyak. Kondisi ini bisa mengakibatkan tekanan darah naik atau hipertensi dan membuat jantung berdebar lebih cepat. 

Hal ini kemudian memaksa jantung agar bekerja keras memompa darah ke seluruh tubuh yang akan menyebabkan kelemahan jantung. 

Kopi sebabkan anemia dan diabetes

Selain hipertensi dan penyakit jantung, terlalu banyak kopi juga meningkatkan risiko terkena anemia. 

Hal ini dikarenakan kafein dalam kopi dapat menghambat penyerapan zat besi. Zat besi penting dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Sel darah ini memiliki kandungan hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke dari paru-paru ke seluruh tubuh. 

Baca Juga: Asyik! Pendaftaran Jalur UM Vokasi Undip 2022 Masih Dibuka, Ini Syarat dan Biayanya

“Jadi secara otomatis jika kita mengkonsumsi kopi secara berlebihan maka akan mengakibatkan anemia yang lebih atau dikenal penyakit kurang darah, dengan munculnya gejala seperti 5 L (lesu, lelah, letih, lemah, lalai),” jelas Ira.

Kafein dalam kopi juga dapat mengakibatkan insomnia. Kandungan ini mampu merangsang aktivitas otak dan saraf. 

Saat aktivitas meningkat, seseorang menjadi tidak mengantuk dan menyebabkan gangguan tidur saat malam atau insomnia. 

Selain itu kafein menyebabkan rasa segar yang berlebihan yang nantinya bisa menimbulkan rasa cemas, gelisah, dan gugup. 

“Terakhir adalah diabetes, kopi yang dikonsumsi sewajarnya mempunyai dampak baik bagi kesehatan, akan tetapi jika dikonsumsi berlebih ditambah dengan gula dan susu tinggi lemak, maka akan mengakibatkan peningkatan kadar gula darah (diabetes),”pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru