kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Daftar Gejala Penyakit Jantung yang Bisa Anda Rasakan


Rabu, 12 Januari 2022 / 12:09 WIB
Ini Daftar Gejala Penyakit Jantung yang Bisa Anda Rasakan
ILUSTRASI. Anda bisa mengalami beberapa gejala penyakit jantung.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Setiap orang memiliki risiko penyakit jantung. Artinya, penting bagi Anda untuk mengenali kondisi apa saja yang termasuk dalam daftar gejala penyakit jantung.

Semakin cepat Anda mengatasi ciri-ciri yang muncul, semakin rendah efek kesehatan yang Anda alami. Nah biasanya, nyeri dada adalah tanda utama saat ada masalah pada organ pemompa darah dalam tubuh Anda.

Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan kondisi itu. Akan lebih baik jika Anda segera menghubungi dokter jika mengalami nyeri dada. Apalagi, jika nyeri dada terjadi secara tiba-tiba dan tak kunjung hilang.

Selain terasa nyeri di bagian dada, tentu saja masih ada gejala lain yang bisa jadi tanda adanya penyakit jantung. Selalu konsultasikan kondisi Anda ke dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Muncul rasa sakit

Selain di bagian dada, rasa sakit akibat penyakit jantung bisa terasa di bagian tubuh yang lain. Misalnya, rasa sakit muncul di bagian lengan, kaki terasa kram, dan punggung atau rahang yang terasa tidak nyaman.

Biasanya, gejala penyakit jantung itu semakin terasa pada penderita diabetes dan perokok.

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Berkeringat

British Heart Foundation mengatakan, penyakit jantung dapat ditandai dengan produksi keringat yang lebih banyak daripada biasanya. Bahkan, keringat berlebih dapat Anda alami meski Anda tak melakukan banyak aktivitas.

Detak jantung tak beraturan

Gejala penyakit jantung lainnya adalah detak jantung yang tak beraturan. Meski demikian, Anda tak perlu terlalu khawatir karena kondisi itu juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti kegiatan yang sedang Anda lakukan.

Namun, jika detak jantung tak beraturan berlangsung dalam jangka waktu lama, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat diagnosa yang tepat.

Sakit perut

Sakit perut termasuk gejala penyakit jantung.

Sakit perut jadi kondisi berikutnya yang tidak boleh Anda abaikan. Biasanya, sakit perut dibarengi dengan munculnya heartburn atau sensasi terbakar di sekitar perut, dada, hingga saluran pencernaan atas.

Jika kondisi itu tak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: Waspada, Ini 8 Ciri-ciri Gula Darah Tinggi yang Perlu Diketahui

Pusing

Apakah Anda sering mengalami pusing? Bahkan, pusing yang dibiarkan bisa membuat Anda jatuh pingsan. Jika iya, bisa jadi hal itu menandakan adanya penyakit jantung.

Jangan ragu untuk periksa ke dokter apabila Anda sering mengalami kondisi itu.

Kaki bengkak

Mengutip dari British Heart Foundation, penyakit jantung juga dapat ditandai dengan kondisi kaki yang membengkak.

Selain disebabkan oleh gagal jantung atau masalah jantung yang lain, kaki bengkak juga bisa disebabkan oleh faktor yang lain. Misalnya, obat hipertensi.

Jadi, cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×