kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini cara mudah menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat


Kamis, 29 April 2021 / 04:24 WIB
Ini cara mudah menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat
ILUSTRASI. Berat badan


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal. Ini cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat.  

Menjalankan pola hidup sehat bisa membantu menurunkan berat badan. Membuat sedikit perubahan dalam diet bisa membuat berat badan turun dengan cepat.  

Baca Juga: Ingin punya badan langsing? ini 9 buah yang bisa membantu menurunkan berat badan

Maka, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, mulai dari pemilihan makanan dan bagaimana kondisi lingkungan di sekitar, berpengaruh pada penurunan berat badan. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini tips menurunkan berat badan yang jitu, dan dapat membantu Anda menjadi lebih sehat, yang dilansir laman Eat This Not That. 

1. Merapikan dapur 

Sebuah penelitian di awal tahun 2016 menemukan, ketika kita dikelilingi oleh kekacauan, kita kemungkinan besar juga akan menciptakan kekacauan di dalam. 
Peneliti membagi 98 wanita menjadi dua kelompok. Separuh wanita sedang menunggu di dapur yang berantakan dengan tumpukan piring, kertas kotor berserakan. 

Di dapur tersebut pun dipenuhi mangkuk kue kering, kerupuk, serta wortel. Peneliti bahkan membuat telepon berdering untuk menaikkan tingkat kekacauan. 

Sementara, kelompok lainnya menunggu di dapur dengan makanan ringan yang sama, tetapi ruangan itu telah dibersihkan dan semua piring, serta barang-barang yang berantakan telah disingkirkan. 

Setelah 10 menit menunggu, para wanita yang terjebak dalam lingkungan yang kacau itu menghabiskan 53 kalori tambahan dari kue kering, atau dua kali lebih banyak daripada wanita di dapur yang rapi dan tenang. 

Jadi cobalah untuk membuat dapur kita tampak lebih rapi yang mungkin dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. 

2. Ingatlah tiga elemen makanan sehat 

Setiap makanan dan kudapan harus mengandung tiga elemen kunci yang membuat kita merasa kenyang yakni protein yang kuat, lemak baik, dan sumber serat. 
Ingatlah untuk selalu menaruh tiga elemen itu ke dalam piring makan dan dapatkan tubuh yang lebih ramping, serta sehat. 

Di samping itu, Anda juga akan memberi makan otot pada otot, mengontrol hormon rasa lapar, dan menjaga gula darah kita tetap terkendali.

3. Singkirkan makanan cepat saji 

Makanan atau camilan dalam kemasan dapat membuat kita gagal jika kita tidak membeli yang tepat. 

Sebaliknya, carilah makanan utuh, tidak tercemar oleh aditif, pengawet, atau, yang paling penting, gula. Hindri mengonsunsi makanan cepat saji. 

Jika mungkin kita membeli buah atau sayuran dalam kemasan di supermarket, pastikan mereka tidak tercampur zat-zat lain yang justru mencegah penurunan berat badan. 

4. Minum banyak air putih 

Penting untuk tetap terhidrasi, jadi pastikan kita selalu minum satu atau dua gelas air sebelum makan dan lebih mengonsumsi banyak air sepanjang hari. 

Air juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan memungkinkan kita membuat pilihan makanan yang lebih sehat. 

Sebuah studi dalam jurnal Obesity mengungkapkan, bahwa orang yang meningkatkan konsumsi air mengalami penurunan berat badan secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang jarang minum air.(Ryan Sara Pratiwi)

Baca Juga: 4 Minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan

Selanjutnya: 7 Manfaat lada hitam untuk kesehatan: menurunkan berat badan sampai mencegah kanker

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat, Ini Caranya",
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×