kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit


Selasa, 05 Desember 2023 / 15:38 WIB
Ini Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit
ILUSTRASI. Menaikkan sistem kekebalan tubuh


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH - Sistem kekebalan tubuh berfunsi melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Ini cara alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Belakangan kasus infeksi covid 19 di Singapura meningkat cukup pesat. 

Baca Juga: Minyak Zaitun Efektif Membersihkan Kantong Empedu, Benarkah?

Mengutip dari Kompas.com, kasus Covid-19 di negara ini diperkirakan bertambah menjadi 22.094 dalam kurun waktu 19-25 November 2023. 

Angka tersebut naik dua kali lipat dari minggu sebelumnya, 12-18 November, sebanyak 10.726 kasus.

Kementrian Kesehatan Singapura (MOH) menjelaskan kenaikan kasus infeksi covi 19 ini disebabkan oleh dua faktor yakni musim perjalanan akhir tahun dan menurunnya kekebalan tubuh penduduk. 

Asal tahu saja, sistem kekebalan tubuh menjadi garda terdepan untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi virus dan bakteri. 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Merangkum dari Centers For Disease Control and Prevention (CDC), sistem kekebalan tubuh merupakan cara tubuh melindungi diri dari infeksi dan penyakit. Sistem kekebalan tubuh mampu melawan virus penyebab pilek, flu, sampai kanker. 

Ada banyak faktor yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yakni: 

1. Konsumsi makanan bernutrisi 

Makan buah, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, susu, dan produk susu bebas atau rendah lemak baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Meskipun baik untuk kesehatan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan tersebut berlebihan karena bisa memberikan efek samping yang menganggu kesehatan. 

2. Olahraga 

Aktivitas fisik atau olahraga teratur membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak dan mengurangi kecemasan. 

Olahraga secara teratur dengan menjaga pola makan bisa membantu menjaga berat badan tetap sehat. 

Selain itu, olahraga bisa membantu mencegah flu. Hasil penelitian baru menunjukkan bahwa aktivitas fisik berpotensi memberikan manfaat bagi kekebalan tubuh. 

3. Mempertahankan berat badan ideal 

Kelebihan berat badan bisa mempengaruhi fungsi tubuh. Sekedar info, obesitas pada orang dewasa dikaitkan dengan gangguan fungsi kekebalan tubuh. 

Selain itu, obesitas juga menurunkan efektivitas vaksin untuk berbagai penyakit seperti influenza, hepatitis, dan tetanus. 

4. Tidur cukup 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa memberikan dampak negatif pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa menyebabkan berkembangnya berbagai macam kelainan. 

5. Berhenti merokok 

Merokok membuat tubuh kurang efektif melawan penyakit. Selain itu, merokok meningkatkan risiko masalah sistem kekebalan tubuh, termasuk rheumatoid arthritis. 

6. Hindari alkohol 

Alkohol yang dikonsumsi berlebihan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. 

Baca Juga: Lemak Perut Menumpuk di Usia 40 tahun, Ini 3 Cara Menghilangkannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×