kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Biaya Tes Gula Darah & Kolesterol di Puskesmas. Jika Gula Darah Tinggi, Turunkan!


Selasa, 02 Januari 2024 / 13:54 WIB
Ini Biaya Tes Gula Darah & Kolesterol di Puskesmas. Jika Gula Darah Tinggi, Turunkan!
ILUSTRASI. Ini Biaya Tes Gula Darah & Kolesterol di Puskesmas. Jika Gula Darah Tinggi, Turunkan!


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Biaya Tes Gula Darah dan Kolesterol Di Puskesmas -Jakarta. Biaya tes gula darah dan kolesterol di puskesmas murah. Simak juga 11 cara menurunkan gula darah secara alami.

Tes gula darah dan kolesterol bisa dilakukan di puskemas. Biaya tes gula darah dan kolesterol di puskemas juga tak semahal yang kita bayangkan.

Jika Anda merasa gula darah dan kolesterol tinggi, segera saja datangi layanan kesehatan di Puskemas. Tentunya, tes gula darah dan kolesterol di puskemas hanya dapat dilakukan di jam kerja.

Dilansir dari Nakita, tes gula darah adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan orang terutama para pengidap diabetes. Diabetes adalah penyakit yang kini banyak diidap orang Indonesia.

Penyakit ini ditandai dengan kondisi dimana kadar gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi. Dengan rajin melakukan pemeriksaan, Anda  bisa memastikan bahwa kadar gula darah di dalam tubu normal atau tidak.

Jangan khawatir mahal, karena biaya tes gula darah cuma butuh bawa uang sedikit.

Lalu berapa biaya tes gula darah di puskemas?

Diketahui sebelumnya bahwa kadar gula darah di dalam tubuh tidak boleh terlalu tinggi, ataupun rendah. Untuk membuat kadar gula darah tetap normal maka Anda pun harus memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi.

Jangan sampai, asupan makanan yang dikonsumsi justru mengandung banyak gula.

Nah, bagi Anda yang suka minum minuman kekinian yang sangat manis juga wajib hati-hati, nih!

Agar tidak terlambat, mending periksakan gula darah Anda sekarang.

Kalau takut mahal, lebih bagik cek biahya tes gula darah di puskesmas berikut ini.

Biaya Tes Gula Darah di Puskesmas

Ternyata ada beberapa jenis pemeriksaan gula darah di puskesmas. Oleh karena itu, kita harus tahu beberapa jenisnya serta biaya tes gula darah di puskesmas:

1. Gula Darah Sewaktu

Ada beberapa jenis pemeriksaan gula darah salah satunya adalah pemeriksaan gula darah sewaktu. Dikutip dari Nakita.Id, di Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan dan Puskesmas Kecamatan Tebet, biaya tes gula darah sewaktu adalah Rp20.000.

2. Gula Darah Puasa

Selain pemeriksaan sewaktu, ada juga jenis pemerikaan gula darah puasa. Nah, untuk jenis pemeriksaan ini ternyata biaya tes gula darah puasa di puskemas juga sama, yakni Rp20.000.

3. Gula Darah 2 Jam PP

Yang ketiga adalah pemeriksaan gula darah 2 Jam PP. Biaya tes gula darah 2 jam PP di puskemas juga sama yakni Rp20.000 juga.

Jika Anda melakukan tiga-tiganya pemeriksaan maka biaya yang harus dikeluarkan hanya sekitar Rp60.000 saja, loh.

Biaya tes kolesterol di puskesmas

Sementara itu, biaya tes kolesterol di puskemas juga murah. Di Puskemas Kota Cianjur, biaya tes kolesterol hanya Rp 30.000.

Biaya tes kolesterol di puskesmas Mrebet juga sama, hanya Rp 30.000.

Cara mengatasi gula darah dengan alami

Salah satu cara mengatasi gula darah dengan alami adalah mengubah gaya hidup. Dilansir dari Kompas.com, berikut cara mengatasi gula darah dengan alami:

1. Memperhatikan asupan karbohidrat

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang pertama adalah memperhatikan asupan karbohidrat. Pelatih dan perencana nutrisi Jessica Crandall, RD, CDCES mengatakan sangat penting 100 persen untuk mencoba menurunkan gula darah melalui pendekatan pola makan dahulu.

Karbohidrat adalah penyebab gula darah Anda bisa berfluktuasi. Berapa banyak karbohidrat per makanan yang ideal? Ini tergantung masing-masing individu, banyaknya aktivitas fisik atau olahraga, berat badan, dan usia.

Semua itu dapat memengaruhi berapa lama gula bertahan di sistem tubuh Anda. Perlu diingat bahwa karbohidrat tidak hanya ditemukan pada bahan makanan, seperti nasi, roti, kentang, dan pasta. Karbohidrat juga terdapat dalam buah-buahan, sayuran, permen, dan produk susu.

2. Hindari makan berlebihan

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang kedua adalah menghindari makanan berlebih. Salah satu cara untuk mengendalikan karbohidrat adalah dengan makan secukupnya. Disarankan untuk Anda mengonsumsi karbohidrat sedikit demi sedikit beberapa kali dalam sehari. Secara klasik, kurang dari 15 gram karbohidrat per camilan adalah pendekatan standar yang baik.

3. Mengonsumsi serat

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang ketiga  adalah konsumsi serat. Serat adalah nutrisi lain yang perlu Anda perhatikan untuk mengelola kadar gula darah agar terjaga stabil. Dalam hal ini, semakin banyak mengonsumsi serat akan semakin baik.

Serat dapat mencegah diabetes dan menurunkan risiko komplikasi. Makanan sumber serat yang baik, meliputi kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Kacang-kacangan juga sumber folat yang sangat baik. Folat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, komplikasi diabetes, menurut National Institutes of Health.

4. Makan makanan mengandung probiotik

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang keempat adalah makan makanan mengandung probiotik. Mengutip Very Well Health, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang ditemukan dalam makanan tertentu, seperti yogurt dan makanan fermentasi (meliputi tempe, manisan, kimchi, dan kombucha).

Sebuah penelitian menemukan bahwa probiotik dapat menurunkan gula darah puasa dan hemoglobin A1c (ukuran kontrol gula darah), dan meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Tidak melewatkan sarapan

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang kelima adalah tidak melewatkan sarapan. Penelitian telah menunjukkan bahwa sering melewatkan sarapan dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah.

Penting bagi semua orang, terutama penderita pradiabetes dan diabetes, untuk memasukkan sarapan bergizi dalam rencana makan. Makanan sehat, seperti oatmeal, yogurt tanpa pemanis dengan buah, dan telur bisa menjadi bagian dari sarapan sehat.

6. Mempertahankan berat badan sehat

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang keenam adalah menjaga berat badan yang sehat. Obesitas merupakan faktor risiko utama pradiabetes dan diabetes. Itu karena berat badan berlebih menyebabkan resistensi insulin, yang membuat hormon penurun gula darah tidak bekerja dengan baik, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2011 menemukan bahwa penurunan berat badan dalam jumlah sedang (kehilangan 5 hingga 10 persen berat badan) menghasilkan peningkatan sensitivitas insulin dan toleransi glukosa. Orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan dapat mengurangi berat badan dengan pola makan sehat dan olahraga.

7. Minum banyak air putih

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang ketujuh adalah minum banyak air putih. Tetap terhidrasi adalah cara mudah untuk tetap mengontrol kadar gula darah Anda. Ini karena air membantu mengeluarkan glukosa dari tubuh.

Minum segelas air bisa sangat membantu dalam mengencerkan gula darah dan menurunkan gula darah dengan cara yang sehat. Sebuah penelitian menemukan bahwa semakin banyak air yang diminum peserta penelitian, semakin kecil kemungkinan mereka terkena gula darah tinggi. Lebih khusus lagi, penelitian ini menemukan orang yang minum kurang dari setengah liter air per hari berisiko lebih tinggi terkena masalah gula darah.

8. Olahraga teratur

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang kedelapan adalah olahraga teratur. Olahraga memerangi faktor risiko diabetes, seperti obesitas dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Olahraga teratur bahkan menyembuhkan diabetes, jika dikombinasikan dengan pola makan yang sehat. American Heart Association merekomendasikan olahraga intensitas sedang selama 150 menit per minggu, yang dapat dicapai dengan banyak cara. Sering kali, komitmen terhadap program olahraga terstruktur dengan jenis olahraga yang Anda sukai dapat membuat rutinitas olahraga menjadi lebih mudah.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang kesembilan adalah meningkatkan kualitas tidur. Tidur berkualitas bisa menjadi cara lain mengatasi gula darah tinggi secara alami. Tidur tidak berkualitas dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular, gangguan mood, dan resistensi insulin.

Penderita diabetes yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam memiliki lebih banyak resistensi insulin dan lebih sulit mengendalikan diabetesnya. Menurut American Academy for Sleep Medicine, orang dewasa harus mengupayakan tidur berkualitas setidaknya tujuh jam setiap malam.

10. Mengurangi stres

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang ke-10 adalah mengurangi stres. Stres kronis adalah faktor gaya hidup lain yang berkontribusi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolisme seperti diabetes. Selama masa stres, tubuh memproduksi hormon, seperti kortisol, yang menyebabkan peningkatan gula darah.

Jika Anda mengatasi stres dengan minum alkohol, menggunakan narkoba, dan makan berlebihan, itu hanya akan memperburuk kadar gula darah Anda. Cara yang baik untuk menghilangkan stres adalah yoga dan meditasi. Ini juga bisa membantu Anda menurunkan kadar gula darah.

11. Berhenti merokok

Cara mengatasi gula darah dengan alami yang ke-11 adalah berhenti merokok. Merokok mempunyai banyak dampak negatif terhadap kesehatan, antara lain penyakit jantung, kanker, dan kematian dini. Selain itu, nikotin dalam rokok dan vape meningkatkan gula darah. Penderita diabetes yang merokok sering kali memerlukan dosis obat yang lebih tinggi untuk menjaga gula darah tetap terkendali. Jadi, cara alami lainnya untuk mengatasi hiperglikemia adalah dengan Anda berhenti merokok.

Berhenti merokok dapat membantu menurunkan gula darah, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, serta menambah potensi usia hidup Anda. Menurunkan kadar gula darah adalah tujuan penting bagi penderita pradiabetes dan diabetes. Kombinasi pengobatan medis dan perubahan gaya hidup sangat diperlukan untuk mengatasi gula darah tinggi dalam jangka panjang.

Itulah biaya tes gula darah dan kolesterol di puskesmas. Segera cek gula darah Anda untuk mengetahui potensi penyakit yang akan datang,

Selanjutnya: Korban Gempa di Jepang Capai 30 Orang, Tim Penyelamat Terus Mencari Korban Selamat

Menarik Dibaca: Hari Pertama Perdagangan 2024, IHSG Langsung Meroket

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×