kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Bahaya Sering Minum Minuman Kemasan, Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Kronis!


Jumat, 10 Juni 2022 / 14:40 WIB
Ini Bahaya Sering Minum Minuman Kemasan, Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Kronis!
ILUSTRASI. Ini Bahaya Sering Minum Minuman Kemasan, Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Kronis!


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sekarang ada banyak minuman kemasan yang beredar di pasaran. Kemasan yang menarik hingga ragam rasa yang tersedia membuat masyarakat senang mengonsumsi jenis minuman ini.

Namun, konsumsi minuman kemasan yang berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan khususnya kesehatan ginjal.

Melansir dari laman Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, ginjal memiliki fungsi yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup seorang manusia.

Selain berfungsi untuk menyaring sisa metabolisme tubuh yang akan dibuang lewat urin, ginjal juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh. 

Baca Juga: Mengenal Tahapan TKB, Wawancara, dan MCU Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Karenanya apabila ginjal terganggu dan membuat ginjal tidak bisa berfungsi dengan sempurna, maka dapat terjadi gangguan fungsi ginjal atau gagal ginjal. 

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi S1 Farmasi UM Surabaya, Karima Samlan, menjelaskan penyakit gagal ginjal secara umum dibagi menjadi dua, yaitu gagal ginjal akut dan kronis. 

Gagal ginjal akut atau Acute Kidney Injury terjadi secara mendadak, tetapi memiliki potensi untuk kembali menjadi normal apabila penyebabnya dapat diatasi. 

"Sedangkan gagal ginjal kronis (Chronic Kidney Disease) berlangsung secara perlahan, dan dapat menimbulkan kerusakan permanen pada ginjal," jelas Karima seperti dikutip dari situs UM Surabaya

Penyebab penyakit gagal hinjal kronis

Menurut Karima, pola makan merupakan salah satu faktor utama yang menjadi penyebab seseorang terkena gagal ginjal kronis. 

Konsumsi minuman manis dalam kemasan seperti minuman bersoda dan minuman manis kemasan lain yang beredar di pasaran dapat memberikan efek yang tidak baik pada tubuh karena memiliki kandungan gula yang tinggi. 

"Selain itu minuman tersebut juga banyak mengandung pengawet yang akan berbahaya  apabila dikonsumsi dalam jangka panjang,"imbuhnya lagi.

Studi review sistematik dan meta analisis yang dilakukan oleh He et al pada tahun 2021 yang menganalisis 17 penelitian serta 149,958 partisipan menyimpulkan bahwa kebiasaan memakan makan makanan sehat dapat menurunkan risiko menderita gagal ginjal kronis. 

Baca Juga: Ini Jalur dan Syarat PPDB Kota Bandung 2022 Jenjang TK, SD, dan SMP

Hal ini selaras dengan studi sebelumnya yang dilakukan oleh Bach et al pada tahun 2019 yang memiliki kesimpulan serupa.

"Pola hidup sehat seperti berolahraga, mengonsumsi makanan bernutrisi dan menghindari minuman manis, mengontrol gula darah dan tekanan darah, menjaga berat badan, menjaga asupan cairan, menghindari rokok, dan menghindari obat tanpa resep dokter dapat menjadi salah satu upaya kita dalam menjaga kesehatan ginjal,"pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×