kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini bahaya diet daging merah untuk tubuh


Senin, 02 Desember 2019 / 12:05 WIB
Ini bahaya diet daging merah untuk tubuh

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri

KONTAN.CO.ID - Ada kabar buruk untuk Anda yang sedang diet daging merah. Ahli nutrisi menyatakan hanya mengkonsumsi daging merah setiap hari akan menimbulkan masalah kesehatan.

Johanna DiStefano, Ahli Biokimia sekaligus Kelapa Unit Penyakit Diabetes dan Fibromatik Institut Penelitian Genomik, Phoenix mengatakan daging tidak mempunyai nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Baca Juga: Simak ya, tujuh hal ini bisa menjadi indikasi gejala penyakit jantung

Kondisi kesehatan seseorang akan menurun bila hanya mengkonsumsi daging merah saja setiap hari. Asal tahu saja, lemak hewani dapat memicu kolesterol dan resiko kanker.

"Daging sapi mengandung sedikit serat dan dapat meningkatkan resiko kanker kolorektal dan diabetes," kata Stefano.

Sekarang, bagaimana dengan nasib warga suku Maasai di Kenya dan Tanzania utara? Sekedar info, suku Maasai menjadikan susu, daging, dan darah sebagai makanan pokok sehari-hari.

Penelitian yang dipublikasikan di dalam Journal Plos One menjelaskan, orang-orang suku Maasai mempunyai kondisi kesehatan yang stabil. Bahkan, mereka hampir tidak beresiko terkena penyakit jantung.

Hal ini disebabkan, hewan tersebut hidup di habitat yang berbeda dengan sapi yang dijual di supermarket.

Makan makanan beragam 

Stefano menyarankan agar Anda makan makanan yang beragam. Tujuannya, agar semua kebutuhan nutrisi dalam tubuh terpenuhi.

"Memakan satu jenis makanan hanya akan membuat Anda kekurangan gizi, karena tidak ada satu jenis makanan yang mampu memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh," jelas Stefano.    

Baca Juga: Hati-hati, mengisap vape bisa merusak pembuluh darah

Anda sebaiknya mengkonsumsi banyak buah dan sayuran. Karena, makanan tersebut dapat menstabilkan kadar gula darah tubuh.

 

Sumber : www.livescience.com  



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×