kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,68   7,08   0.71%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!


Minggu, 05 Februari 2023 / 09:50 WIB
Ini 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian. Selain itu, manfaat seledri untuk kesehatan juga tak perlu diragukan karena telah teruji klinis.

Berbagai manfaat seledri untuk kesehatan dikarenakan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya, seperti kaya akan serat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, antioksidan dan berbagai kandungan lain yang baik untuk kesehatan. 

Tak hanya mempunyai banyak manfaat, seledri juga memiliki bentuk dan aroma yang unik. Sehingga seledri kerap dijadikan sayuran untuk menghias makanan tertentu.

Baca Juga: 5 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Melansir dari Pharmeasy, berikut beberapa manfaat seledri yang menarik untuk Anda ketahui, di antaranya:

1. Meningkatkan Gairah Seksual

Perlu Anda ketahui seledri mempunyai manfaat yang dapat meningkatkan gairah seksual loh. Hal tersebut dikarenakan seledri mengandung kadar androstenon dan androstenol-hormon pria yang tinggi sehingga mampu merangsang gairah seksual pada wanita. 

Selain itu, makan seledri juga dipercaya dapat membuat pria lebih menarik dengan memancarkan aroma yang dapat membuat pria lebih diinginkan.

Baca Juga: 7 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

2. Meningkatkan Sperma

Tak hanya gairah seksual saja, mengkonsumsi seledri juga mampu meningkatkan jumlah sperma. 

Dilansir dari Phamreasy, studi menunjukkan bahwa seledri memiliki perlindungan terhadap zat yang dapat merusak jumlah. Ekstrak seledri juga meningkatkan kinerja seksual dan meningkatkan jumlah sperma. 

3. Mengurangi Risiko Kanker

Seledri kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker. Selain itu, seledri juga mengandung senyawa antikanker yang kuat dan mampu melawan berbagai macam radikal bebas serta sel-sel kanker. Oleh karena itu seledri sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan? Simak Yuk!

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat seledri selanjutnya dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Pasalnya, Seledri mengandung sejumlah fitokimia yang dikenal sebagai phthalides. Senyawa ini melemaskan otot-otot arteri dan meningkatkan aliran darah.

Ekstrak seledri juga mampu mengurangi tekanan darah. Hal tersebut juga dikarenakan mengendurnya otot polos pembuluh darah.

5. Mencegah Peradangan

Seledri kaya akan berbagai antioksidan yang memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Selain itu, Seledri juga mengandung senyawa bernama luteolin yang dapat mencegah peradangan pada sel-sel otak. 

Dilansir Pharmeasy, Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak seledri bertindak seperti obat antiinflamasi seperti aspirin dan ibuprofen. Ini mungkin juga memiliki efek mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

6. Meningkatkan Kesehatan Sel Saraf

Seledri mengandung apigenin yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan saraf. Apigenin dalam seledri juga dapat berkontribusi pada kesehatan neuron.

Tak hanya itu, Seledri juga mencegah kehilangan memori karena mengandung senyawa spesifik yang dikenal sebagai-L-3-n-butylphthalide. Ekstrak seledri memainkan peran penting dalam mengobati penyakit Alzheimer dan mencegahnya berkembang sejak awal.

7. Melancarkan Pencernaan

Tak berhenti sampai disitu, seledri juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan loh. Hal tersebut dikarenakan seledri mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang memberikan perlindungan terhadap saluran pencernaan.

Selain itu, seledri mengandung serat alami akan difermentasi oleh bakteri yang ada di usus besar dan proses fermentasi ini meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca Juga: 8 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Yuk!

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet perlu mengetahui salah satu manfaat seledri ini. Pasalnya, seledri dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Pasalnya, seledri merupakan sayuran rendah kalori yang bermanfaat untuk mengatur berat badan. Selain itu, kandungan serat dalam seledri juga membantu membuat Anda merasa lebih kenyang sekaligus baik untuk pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×