kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Makanan untuk Mengurangi Stres Berlebihan yang Mudah Dikonsumsi


Jumat, 03 November 2023 / 09:38 WIB
Ini 7 Makanan untuk Mengurangi Stres Berlebihan yang Mudah Dikonsumsi
ILUSTRASI. Oyster


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip sederet makanan untuk mengurangi stres berlebihan. Konsumsi makanan diklaim bisa menjadi pengaruh baik dan buruknya pikiran seseorang termasuk perasaan stres.

Stres merupakan reaksi tubuh terhadap tekanan fisik, emosional, atau mental yang dapat memengaruhi kesejahteraan dan kesehatan seseorang.

Kondisi stres bisa timbul sebagai respons terhadap berbagai situasi, termasuk tekanan di tempat kerja, masalah keuangan, konflik pribadi, atau perubahan besar dalam kehidupan.

Ketika Anda merasa stres, tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, yang dapat memengaruhi berbagai aspek kesehatan Anda.

Baca Juga: Simak Kadar Normal Asam Urat dan Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami

Daftar makanan untuk meredakan stres

Asparagus

Makanan dapat memainkan peran dalam mengelola stres, meskipun tidak dapat menggantikan strategi pengelolaan stres seperti olahraga, meditasi, dan dukungan sosial.

Beberapa makanan dapat membantu mengurangi dampak stres dan meningkatkan perasaan nyaman menurut penelitian.

Nah, Anda tidak perlu bingung konsumsi makanan apa saja, karena daftar makanan berikut ini mudah ditemui.

Simak daftar makanan untuk meredakan stres dengan mudah dilansir dari laman Allina Health.

Baca Juga: Ini Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Sukses Menurunkan Berat Badan

1. Asparagus

Sayuran musim semi ini tidak hanya tinggi zat besi, tetapi juga tinggi folat, salah satu dari banyak vitamin B. Asparagus menstabilkan suasana hati Anda dan membantu mengurangi depresi dan kecemasan.

Sayuran serbaguna ini bisa dimakan segar , dipanggang, dikukus, ditumis, atau dipanggang dengan minyak zaitun.

2. Ikan Salmon dan tuna

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega-3. Minyak ini menjaga hormon stres kortisol tetap terkendali sekaligus mengatur kadar adrenalin. Asam lemak omega-3 telah terbukti melindungi terhadap penyakit jantung, stroke, depresi, dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain ikan, Anda bisa konsumsi biji rami, kenari, dan bayam juga kaya akan asam lemak omega-3. 

3. Buah beri

Stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry kaya akan antioksidan dan serat. Namun tingginya jumlah vitamin C membuat buah beri menjadi makanan pelawan stres. Vitamin C membantu tubuh mengembalikan tekanan darah dan kortisol ke tingkat normal setelah mencapai puncaknya.

Anda bisa menikmati buah dengan segar, beku, atau dicampur menjadi smoothie. 

4. Kerang

Meskipun tiram paling dikenal sebagai afrodisiak , tiram juga merupakan makanan pereda stres yang kaya akan vitamin B dan magnesium. Vitamin B membantu menstabilkan suasana hati Anda dan meringankan gejala kecemasan dan depresi.

Saat semakin stres, hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala. Tambahkan makanan kaya magnesium ke dalam diet Anda untuk melawan stres dan penyakit terkait stres, seperti serangan jantung dan tekanan darah tinggi. 

Konsumsi Vitamin B juga membantu daya ingat dan meredakan sindrom pramenstruasi (PMS).

5. Oatmeal

Makanan yang menenangkan sejak lama ini, adalah karbohidrat kompleks. Ini menjaga gula darah Anda tetap stabil dan mengurangi tingkat hormon stres di otak. Oatmeal membantu menghilangkan stres dengan melepaskan bahan kimia serotonin, yang meningkatkan relaksasi, ketenangan, dan kreativitas.

Sebagai pengganti gula, Anda bisa membuat oatmeal dengan apel dan kismis untuk sentuhan manis dan tambahan vitamin C. 

6. Coklat hitam

Camilan manis ini tidak hanya memuaskan selera Anda, tetapi juga membantu menghilangkan stres dengan menurunkan tingkat kortisol dalam tubuh. Cokelat hitam terbuat dari tanaman kakao yang mengandung antioksidan yang membantu mencegah penyakit jantung.

Ketahuilah bahwa beberapa makanan penutup cokelat hitam mungkin mengandung tambahan gula, jadi manjakan diri Anda secukupnya. Carilah coklat hitam dengan kandungan kakao 70 persen atau lebih tinggi.

7. Teh kamomil

Konsumsi teh kamomil adalah salah satu teh pereda stres yang paling terkenal. Ini membantu menenangkan sakit perut dan meredakan sakit kepala tipe migrain. Teh kamomil mengurangi stres dengan khasiat obat penenang dan relaksasi otot yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×