kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin untuk Gigi Sehat


Senin, 21 Agustus 2023 / 12:11 WIB
Ini 7 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin untuk Gigi Sehat
ILUSTRASI. Ini 7 Makanan yang Mengandung Vitamin untuk Gigi Sehat


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak makanan yang mengandung vitamin untuk gigi sehat. Kesehatan terkait gigi dan mulut tentu penting untuk dikenalkan sejak dini.

Kesehatan gigi merupakan kondisi yang optimal dari gigi dan gusi yang melibatkan kebersihan, ketahanan, dan kenyamanan secara keseluruhan. Ini melibatkan perawatan dan tindakan pencegahan untuk menjaga gigi dan gusi tetap sehat dan bebas dari masalah kesehatan.

Kesehatan gigi dimulai dengan menjaga kebersihan gigi yang baik. Ini melibatkan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, serta menggunakan benang gigi atau tusuk gigi untuk membersihkan daerah di antara gigi.

Tak hanya gigi, kesehatan gusi penting untuk mencegah penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis. Gusi yang sehat berwarna merah muda, tidak membengkak, dan tidak berdarah saat menyikat gigi atau menggunakan benang gigi.

Baca Juga: 5 Buah yang Direkomendasikan Kemenkes Agar Kolestrol Tinggi Tak Berkutik

Sikat gigi

Selain itu, dengan menjaga pola makan yang sehat dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman manis dapat membantu mencegah terbentuknya karies gigi. Pencegahan juga melibatkan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pembersihan profesional dan pemeriksaan gigi.

Ada beberapa makanan vitamin dan mineral yang dapat menjadi salah satu langkah merawat gigi dari berbagai masalah.

Pilihan vitamin dan mineral untuk gigi

Vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi meliputi:

  • Kalsium: Kalsium adalah mineral utama yang membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gigi rapuh dan berisiko kerusakan.
  • Vitamin D: Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efisien, sehingga penting untuk kesehatan gigi dan tulang. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari.
  • Vitamin C: Vitamin C membantu menjaga kesehatan gusi dan jaringan lunak di sekitar gigi. Ini juga membantu dalam penyembuhan luka dan regenerasi jaringan.
  • Vitamin A: Vitamin A penting untuk kesehatan gusi dan mukosa mulut. Ini membantu dalam pembentukan dan perawatan jaringan epitel di mulut dan juga membantu memelihara gigi dan mulut.
  • Vitamin K: Vitamin K berperan dalam pembekuan darah dan membantu menjaga gusi tetap sehat. Ini juga mendukung proses penyembuhan luka setelah pemotongan atau perawatan gigi.
  • Vitamin B: Vitamin B, terutama vitamin B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6, dan B12, mendukung kesehatan jaringan mulut, termasuk gusi dan selaput lendir.
  • Fosfor: Fosfor adalah mineral yang bekerja bersama kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Ini juga berperan dalam mempertahankan struktur gigi.

Untuk itu, ketahui lebih lanjut beberapa makanan mengandung banyak vitamin untuk gigi sehat dilansir dari Delta Dentalins.

Baca Juga: Sama-Sama Kaya Nutrisi, Ubi atau Kentang yang Lebih Kaya Manfaat?

Makanan yang mengandung vitamin untuk gigi

1. Buah dan Sayuran

Panen buah tomat

Buah-buahan dan sayuran yang renyah, seperti apel, wortel, seledri, dan brokoli, membantu membersihkan gigi secara alami dengan cara menggosok permukaan gigi dan mengangkat sisa makanan.

Selain itu, buah dan sayuran kaya akan serat dan vitamin yang mendukung kesehatan gusi.

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang polong

Selain itu, ada kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung fosfor dan magnesium, mineral yang penting untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Makanan ini juga membantu merangsang produksi air liur, yang membantu membersihkan gigi secara alami.

3. Produk Susu Rendah Lemak

Susu Sapi

Susu, yoghurt, dan keju rendah lemak mengandung kalsium yang penting untuk membangun gigi dan tulang yang kuat. Selain itu, produk susu juga mengandung protein yang membantu dalam perawatan dan perbaikan jaringan mulut.

4. Ikan Berlemak

Ikan segar

Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel kaya akan vitamin D dan omega-3 asam lemak. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efisien, sementara omega-3 asam lemak memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan gusi.

5. Teh Hijau

Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa bernama katekin yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembentukan plak. Tetapi hindari menambahkan gula ke dalam teh untuk menjaga kesehatan gigi.

6. Air Minum

Minum air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk kesehatan gigi. Air membantu menjaga kadar air liur yang cukup, yang penting untuk menjaga mulut tetap bersih dan mencegah plak.

7. Makanan Rendah Gula

Gula aren

Terakhir, Anda wajib menghindari makanan dan minuman tinggi gula, seperti permen, minuman manis, dan makanan cepat saji. Gula dapat menyebabkan pembentukan asam yang merusak enamel gigi.

Ingatlah bahwa diet seimbang yang kaya akan nutrisi penting adalah kunci untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral ini, juga penting untuk menjaga kebersihan gigi dengan sikat gigi, benang gigi, dan perawatan rutin dengan profesional gigi.

Melalui informasi terkait daftar makanan yang mengandung vitamin untuk gigi dan mulut sehat wajib dipertimbangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×