kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Buah dengan Kandungan Gula Tinggi yang Perlu Dikonsumsi Terbatas


Senin, 13 Mei 2024 / 15:39 WIB
Ini 7 Buah dengan Kandungan Gula Tinggi yang Perlu Dikonsumsi Terbatas
ILUSTRASI. Makan buah mangga


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar buah dengan kandungan gula tinggi yang perlu diketahui. Beberapa buah ini memiliki kandungan pemanis alami yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Buah-buahan dengan kandungan gula tinggi menjadi sumber nutrisi yang baik, tetapi juga mengandung kadar gula alami yang cukup tinggi. Beberapa jenis buah memiliki lebih banyak gula daripada yang lain.

Sebagai contoh, mangga memiliki kadar gula yang tinggi, dengan satu buah mangga mengandung jumlah gula yang cukup besar. Begitu juga dengan anggur, yang memiliki kadar gula yang tinggi dalam setiap porsinya.

Gula alami yang terdapat dalam buah-buahan memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung pada konteksnya.

Secara umum, gula alami dalam buah merupakan bagian dari paket nutrisi yang juga mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan.

Baca Juga: Pantangan untuk Diabetes: Cek 11 Makanan & Minuman yang Bikin Kadar Gula Darah Tinggi

Buah Mangga

Serat dalam buah membantu mengatur penyerapan gula dalam tubuh, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam seperti gula tambahan dalam makanan olahan.

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, bahkan gula alami dalam buah juga dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Orang yang memiliki masalah metabolisme gula atau diabetes mungkin perlu membatasi konsumsi buah tertentu atau memperhatikan porsi konsumsinya.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan gula tinggi dalam jumlah yang moderat, dan memperhatikan asupan gula secara keseluruhan dalam diet sehari-hari.

Baca Juga: Manfaat Biji Pepaya Untuk Melancarkan Pencernaan, Cek 7 Khasiat Lain

Untuk itu, catat buah dengan kandungan gula alami tertinggi yang perlu dibatasi, penjelasan selengkapnya dilansir dari laman Web MD.

1. Buah Mangga

Buah Mangga mengandung serat dan nutrisi lain yang Anda butuhkan. Tapi juga mengandung gula alami, dan beberapa memiliki lebih banyak dari yang lain.

Sebagai contoh, satu buah mangga memiliki 46 gram gula, sehingga bukan pilihan terbaik untuk mengontrol berat badan atau seberapa banyak gula yang Anda konsumsi.

Mungkin nikmati beberapa irisannya dan simpan sisanya untuk nanti.

2. Buah Anggur

Dalam konsumsi segelas buah anggur memiliki sekitar 23 gram gula. Itu cukup banyak untuk sesuatu yang begitu mudah dimasukkan ke dalam mulut.

Anda mungkin akan memakannya lebih lambat jika memotongnya menjadi dua bagian dan membekukannya. Nah, ini akan menjadi pertimbangan sebagai camilan menyegarkan musim panas yang membutuhkan sedikit lebih lama untuk dimakan.

3. Buah Ceri

Buah manis ini memiliki gula untuk membuktikannya dengan seporsi ceri mengandung 18 gram. Jika Anda mengisi mangkuk besar dengan mereka, Anda bisa kehilangan jejak berapa banyak yang dimakan.

Ukur camilan Anda sebelumnya sehingga Anda tahu persis berapa banyak gula yang akan Anda dapatkan.

Buah Ceri

4. Buah Pir

Buah pir ukuran sedang memiliki 17 gram gula. Jika Anda mencoba mengurangi, jangan makan semua - cukup letakkan beberapa iris di atas yogurt rendah lemak atau di atas salad.

5. Buah Semangka

Dalam satu irisan sedang Semangka camilan musim panas ini memiliki 17 gram gula. Seperti namanya, itu penuh dengan air, dan memiliki mineral khusus yang disebut elektrolit yang tepat dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali setelah beberapa waktu di bawah sinar matahari.

6. Buah Ara

Dalam konsumsi buah ara ukuran sedang memiliki 16 gram gula. Apabila Anda mencoba memperhatikan gula, mungkin potong beberapa dan beri keju kambing di atasnya untuk camilan kaya protein, atau gunakan dalam saus untuk menambahkan cita rasa pada daging tanpa kulit seperti ayam.

7. Buah Pisang

Satu pisang ukuran sedang memiliki 14 gram gula. Jika itu terasa lebih dari yang Anda inginkan, iris setengahnya ke dalam sereal pagi Anda atau hancurkan sepotong kecil di tengah roti selai kacang.

Demikian penjelasan yang perlu diketahui bagi Anda yang ingin membatasi gula terutama dari konsumsi buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×