CLOSE [X]

Ini 6 opsi obat penurun kolesterol yang Anda butuhkan

Kamis, 04 November 2021 | 08:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 6 opsi obat penurun kolesterol yang Anda butuhkan

ILUSTRASI. Teh hijau dapat Anda manfaatkan sebagai obat penurun kolesterol.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh Anda perlu dikontrol untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan jenis penyakit lain. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol, misalnya dari bahan alami.

Mengutip dari Common Sense Home (commonsensehome.com), jumlah kolesterol dalam tubuh bisa berkurang ketika Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung magnesium. Contohnya, kacang almond, tahu, cokelat hitam, dan lain sebagainya.

Selain mengonsumsi makanan dan minuman kaya magnesium, masih banyak cara menurunkan kolesterol lainnya yang layak Anda coba. Cobalah untuk mengonsumsi beberapa bahan alami berikut ini secara teratur. Namun, jangan lupa untuk tetap melakukan konsultasi rutin dengan dokter.

Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang dapat menurunkan kolesterol. Menurut sebuah penelitian, partisipan yang minum 6-7 gelas teh hijau tiap hari mengalami penurunan jumlah kolesterol. Tentu saja porsi yang dibutuhkan tiap orang berbeda, jadi sebaiknya Anda membicarakannya dulu ke dokter.

Baca Juga: 4 Infused water yang bikin asam urat minta ampun

Oatmeal

Oatmeal juga bisa jadi obat penurun kolesterol, lo. Jenis serat yang terdapat dalam oatmeal mampu menurunkan kolesterol secara keseluruhan. Cobalah untuk mengombinasikan kolesterol dengan bahan bergizi lain supaya kesehatan Anda bisa selalu terjaga.

Apel

Buah Apel dapat Anda pakai sebagai obat penurun kolesterol.

Common Sense Home mengatakan bahwa menurunkan kolesterol bisa Anda lakukan dengan rutin mengonsumsi apel. Penelitian yang dilakukan Florida State University menunjukkan bahwa kolesterol jahat turun sebanyak 23% saat partisipan makan sebuah apel tiap hari selama enam bulan.

Bawang Putih

Bawang putih jadi bahan alami lainnya yang dapat digunakan pula sebagai obat penurun kolesterol. Tak hanya itu, antivirus, antibakteri, dan antijamur yang ada di bawang putih membantu Anda menghindari penyakit yang lain, seperti penyakit hati, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mudah didapatkan! Ini 8 bahan alami yang bisa mengatasi kolesterol tinggi

Bluberi

Bluberi termasuk obat penurun kolesterol.

Siapa yang suka makan bluberi? Ternyata, jenis buah itu bisa Anda manfaatkan sebagai penurun kolesterol, lo. Bluberi juga mengandung banyak antioksidan yang efektif melawan inflamasi dan radikal bebas pemicu kemunculan penyakit dalam tubuh Anda.

Minyak Kelapa

Jika Anda mencari cara menurunkan kolesterol, maka tak ada salahnya untuk memilih minyak kelapa. Jenis minyak itu mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dan mengurangi jumlah kolesterol baik. Anda hanya perlu mengonsumsinya secara rutin.

Selanjutnya: Kenali 8 tanda kolesterol tinggi yang sering diabaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru