Ini 6 cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami

Rabu, 08 Desember 2021 | 11:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 6 cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami

ILUSTRASI. Ada beragam cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami bisa Anda coba. Tujuannya supaya tak ada masalah kesehatan lain yang perlu Anda alami. Meski cara-cara di artikel ini bisa Anda lakukan sendiri, tapi jangan lupa untuk tetap berkonsultasi ke dokter, ya.

Tekanan darah tinggi yang tidak diatasi dengan baik berdampak buruk bagi kondisi jantung dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada beberapa hal yang bisa Anda coba supaya tekanan darah stabil.

Pertama, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin. Jika Anda belum terbiasa melakukan kegiatan itu, mulailah dengan berjalan kaki selama 30 menit. Seiring berjalannya waktu, intensitas olahraga bisa bertambah. Selain olahraga, tentu saja masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan.

Konsumsi Cokelat Hitam

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate. Senyawa dalam bahan alami itu mampu mengendurkan pembuluh darah sehingga tekanan darah Anda menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: Mudah didapat, ini buah yang efektif meredakan gejala asam lambung

Kelola Stres dengan Baik

Salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami adalah dengan mengelola stres dengan baik. Saat stres, detak jantung meningkat sehingga pembuluh darah menyempit. Hal itulah yang membuat tekanan darah tak terkontrol.

Kondisi tersebut juga bisa semakin parah saat Anda mengonsumsi terlalu banyak alkohol. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres dengan baik. Cobalah melakukan berbagai macam kegiatan relaksasi. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat saran pelepas stres yang tepat.

Konsumsi Makanan Kaya Kalium

Memanfaatkan makanan kaya kalium bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami.

Supaya tekanan darah lebih terkontrol, cobalah untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung kalium. Jenis mineral itu akan membersihkan sodium dalam tubuh sehingga tekanan darah lebih baik. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalium adalah tomat, alpukat, dan yogurt.

Makan Buah Beri

Mengonsumsi buah beri berpengaruh pada tekanan darah Anda, lo. Polifenol, salah satu senyawa yang terkandung dalam buah beri, mampu menurunkan tekanan darah serta menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung yang lain.

Baca Juga: Tak hanya mengontrol gula darah, ini manfaat air lemon untuk penderita diabetes

Manfaatkan Wortel

Makan wortel termasuk cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami.

Senyawa fenolik yang terkandung dalam wortel mampu membuat pembuluh darah rileks. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam wortel juga memiliki efek antiinflamasi. Hal itulah yang membuat tekanan darah Anda menjadi lebih terkontrol. 

Berhenti Merokok

Medical News Today merekomendasikan Anda untuk berhenti merokok supaya tekanan darah tak terlalu tinggi. Selain menurunkan tekanan darah, menghentikan kebiasaan merokok juga mampu menurunkan risiko berbagai macam penyakit sehingga kondisi tubuh Anda menjadi lebih terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru