CLOSE [X]

Ini 6 Cara Menurunkan Gula Darah yang Bisa Anda Coba

Sabtu, 29 Januari 2022 | 06:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 6 Cara Menurunkan Gula Darah yang Bisa Anda Coba


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah gula darah di tubuh yang terlalu banyak bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Makanya, penting bagi Anda untuk segera mencoba cara menurunkan gula darah, misalnya dengan bahan alami.

Jika Anda sudah memilih bahan alami mana yang Anda sukai, jangan lupa untuk tetap memperhatikan cara pengolahannya, ya. Mengolah bahan alami dengan cara yang tidak sehat justru bisa menghilangkan gizi dan nutrisinya.

Akibatnya, tubuh tak dapat menyerap nutrisi bahan alami secara maksimal sehingga kesehatan pun tetap terancam. Supaya efeknya lebih maksimal, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu ke dokter tentang bahan alami pilihan Anda, ya.

Kale

Siapa yang gemar makan kale? Mengutip dari Healthline (healthline.com), serat, antioksidan, dan senyawa lain dalam bahan alami itu cukup efektif mengurangi jumlah gula darah. Cobalah untuk mengonsumsi 7-14 g kale per hari.

Baca Juga: Bahan alami yang efektif mengobati asam urat

Alpukat

Cara menurunkan gula darah berikutnya adalah dengan makan alpukat. Serat, vitamin, mineral, dan jenis lemak yang Anda temukan dalam alpukat mampu mengontrol gula darah yang ada di tubuh Anda. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat alpukat itu.

Telur

Rutin makan telur termasuk cara menurunkan gula darah.

Rutin mengonsumsi telur juga bisa mengontrol gula darah, lho. Menurut penelitian, makan satu butir telur besar setiap hari bisa menurunkan gula darah hingga 4.4%. Kebiasaan yang sama juga berpengaruh pada sensitivitas insulin di tubuh Anda.

Oatmeal

Healthline mengatakan bahwa pengaturan gula darah dalam tubuh bisa lebih baik apabila Anda makan oatmeal secara teratur. Selain itu, makan oatmeal juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Baca Juga: Brokoli terbukti bisa menurunkan gula darah, begini cara penyajiannya

Apel

Makan apel termasuk salah satu cara menurunkan gula darah yang layak Anda coba. bukan tanpa alasan, jenis buah itu memiliki jenis serat dan senyawa lain yang baik untuk mengontrol jumlah gula darah. Artinya, rutin makan apel bisa menurunkan risiko diabetes.

Kimchi

Kimchi adalah makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan tubuh karena bisa berperan sebagai penurun gula darah. Tidak hanya kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, kimchi juga dipenuhi dengan probiotik yang bagus untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru