kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Cara Melindungi Diri dari Polusi Udara yang Tidak Sehat


Rabu, 09 Agustus 2023 / 13:34 WIB
Ini 6 Cara Melindungi Diri dari Polusi Udara yang Tidak Sehat
ILUSTRASI. Ini 6 Cara Melindungi Diri dari Polusi Udara yang Tidak Sehat. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/kye/17.


Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Melindungi Diri dari Polusi Udara - JAKARTA. Cara melindungi diri dari polusi udara di luar rumah. Tentu, polusi udara dapat terjadi di berbagai daerah dengan tingkatan tertentu.

Polusi udara adalah keberadaan zat-zat berbahaya atau kontaminan dalam udara atmosfer yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan secara keseluruhan.

Fenomena polusi udara mempengaruhi kualitas udara dengan menciptakan kondisi di mana udara menjadi tidak sehat untuk dihirup dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serta dampak lingkungan yang serius.

Sehingga, polusi udara dapat disebabkan oleh berbagai sumber, baik alami maupun manusia, dan dapat memiliki berbagai dampak negatif.

Baca Juga: Masuk Kategori Tak Sehat, Ini Kualitas Udara Beberapa Kota Saat Ini!

Deretan gedung yang diselimuti polusi udara

Jenis polutan udara

Inilah jenis polutan udara yang umum dan dampak bagi kesehatan:

  • Partikulat (PM2.5 dan PM10): Partikel-partikel kecil dalam udara, seperti debu, asap, dan partikel lainnya yang dapat dihirup, dapat mencapai paru-paru dan sistem pernapasan manusia. Ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan, iritasi mata dan tenggorokan, dan bahkan masalah kesehatan jangka panjang seperti penyakit pernapasan kronis dan penyakit jantung.
  • Gas-gas Tercemar: Gas-gas seperti sulfur dioksida (SO2), nitrogen dioksida (NO2), karbon monoksida (CO), dan ozon (O3) adalah hasil dari pembakaran bahan bakar fosil dan aktivitas industri. Mereka dapat mempengaruhi pernapasan, menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, dan dapat memiliki dampak serius pada sistem pernapasan dan kesehatan jantung.
  • Polusi Bau: Beberapa zat kimia dalam udara dapat menghasilkan bau yang tidak sedap, seperti bau asap atau bau kimia, yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan ketidaknyamanan.
  • Bahan Kimia Berbahaya: Bahan kimia berbahaya seperti merkuri, timbal, dan bahan kimia industri lainnya dapat tersebar dalam udara dan dapat mencemari tanah, air, dan tanaman serta berdampak pada kesehatan manusia dan lingkungan.
  • Depleksi Lapisan Ozon: Polutan seperti klorofluorokarbon (CFC) dan hidroflorokarbon (HFC) dapat merusak lapisan ozon stratosfer, yang melindungi bumi dari radiasi ultraviolet berbahaya. Penipisan lapisan ozon dapat meningkatkan risiko paparan sinar ultraviolet dan menyebabkan masalah kesehatan, seperti kanker kulit.

Tentu, dengan sederet polutan yang menjadi faktor penyebab udara tidak sehat, Anda pelu melindungi diri Anda.

Berikut ini beberapa cara melindungi diri dari polusi udara yang mudah untuk diterapkan.

Baca Juga: Apa Itu Global Warming? Ini Penyebab, Dampak, dan Cara Mencegah Pemanasan Global

Bagaimana cara melindungi diri dari polusi udara yang tidak sehat?

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari polusi udara dilansir dari Airly.

  1. Tutup jendela: Anda tahu bahwa kualitas udara buruk pada hari tertentu, berhentilah membuka pintu dan jendela untuk ventilasi rumah. Ini juga merupakan ide bagus untuk berinvestasi pada kipas dan filter khusus yang akan membantu Anda mengedarkan udara di dalam ruangan.
  2. Kenakan masker wajah: Pilihan masker N95 dan kenakan saat harus pergi ke luar. Ini akan memungkinkan melindungi diri dari partikel halus.
  3. Mandi setelah berada di luar:. Aktivitas rutin ini akan membantu menghilangkan polutan yang mungkin ada di kulit atau rambut.
  4. Tetap di dalam ruangan sebanyak mungkin: pada hari-hari ketika kualitas udara tidak sehat, cobalah untuk tetap berada di dalam ruangan sebanyak mungkin. Jika Anda harus keluar, batasi waktu Anda di luar dan istirahatlah di tempat yang berventilasi baik.
  5. Pakai alat air purifier: Kini telah banyak beredar alat penetral udara untuk ruangan seperi Humidifier yang canggih. Ini dapat meminimalisir adanya udara kotor ruangan sekaligus mengetahui tingkat polusi dalam ruangan tersebut.
  6. Tetap terinformasi dan pantau kualitas udara: Ada banyak alat untuk memantau kualitas udara termasuk beberapa aplikasi yang sudah bisa diunduh melalui HP Android dan iPhone seperti Nafas.ID.

Dengan mempelajari cara melindungi diri Anda dari udara yang tidak sehat dapat mengurangi risiko kesehatan di kemudian hari.

Selain itu, pastikan terus memantau tingkat polusi akan membantu Anda saat beraktivitas di luar rumah.

Demikian informasi terkait cara melindungi diri dari polusi udara yang terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×