kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.429.000   20.000   1,42%
  • USD/IDR 15.428   47,00   0,30%
  • IDX 7.816   17,84   0,23%
  • KOMPAS100 1.186   1,61   0,14%
  • LQ45 958   -0,46   -0,05%
  • ISSI 227   0,96   0,42%
  • IDX30 488   -0,16   -0,03%
  • IDXHIDIV20 588   -0,82   -0,14%
  • IDX80 134   0,00   0,00%
  • IDXV30 139   -0,58   -0,42%
  • IDXQ30 163   -0,32   -0,19%

Ini 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Bau Ketidak dan Badan Tanpa Deodoran


Sabtu, 24 Agustus 2024 / 18:00 WIB
Ini 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Bau Ketidak dan Badan Tanpa Deodoran
ILUSTRASI. Lemon untuk hilangkan bau ketiak


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat bahan alami untuk menghilangkan bau ketiak. Kondisi badan saat beraktivitas tentu muncul keringat terutama pada bagian ketiak.

Deodoran menjadi produk perawatan tubuh yang dirancang untuk membantu mengurangi bau ketiak. Ini berfungsi dengan berbagai cara, terutama dengan mengurangi pertumbuhan dan aktivitas bakteri yang menghasilkan bau saat berkeringat.

Bau badan seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Kondisi dapat mengganggu orang lain di sekitar dan membuat situasi tidak nyaman.

Anda perlu mengetahui terlebih dulu beberapa penyebab bau ketiak yang bisa timbul atas dasar faktor kesehatan.

Baca Juga: Inilah 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Ketiak Gatal beserta Tips Mencegahnya

Penyebab Bau Ketiak

ketiak

Bau ketiak adalah masalah yang sering dialami banyak orang. Ini terjadi karena beberapa faktor yang saling berkaitan:

  • Keringat: Keringat sendiri sebenarnya tidak berbau. Namun, ketika keringat bercampur dengan bakteri yang ada di permukaan kulit, terutama di area ketiak yang lembap dan hangat, bakteri tersebut akan memecah protein dalam keringat dan menghasilkan senyawa berbau tidak sedap.
  • Bakteri: Ketiak merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri-bakteri ini secara alami hidup di kulit kita, namun jumlahnya bisa meningkat dalam kondisi lembap dan hangat.
  • Jenis Keringat: Kelenjar keringat di ketiak menghasilkan keringat yang mengandung lebih banyak protein dan lemak dibandingkan dengan keringat di bagian tubuh lainnya. Kandungan inilah yang membuat keringat ketiak lebih mudah menimbulkan bau ketika bercampur dengan bakteri.
  • Pola makan: Makanan tertentu seperti bawang, bawang putih, dan makanan pedas bisa membuat keringat berbau lebih menyengat.
  • Hormon: Perubahan hormon, seperti saat pubertas atau menstruasi, bisa meningkatkan produksi keringat dan membuat bau ketiak lebih kuat.
  • Obat-obatan: Beberapa jenis obat-obatan bisa menyebabkan keringat berlebih dan bau badan.

Ramuan bahan alami untuk bau ketiak

Saat Anda menemui masalah tersebut, deodoran menjadi solusi yang praktis untuk mengatasi masalah ini.

Deodoran biasa mengandung bahan-bahan yang membantu menghilangkan atau mengurangi bau ketiak. Produk ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri dan mengandung zat pewangi untuk memberikan aroma yang menyegarkan.

Sayangnya, beberapa deodoran juga mengandung bahan kimia yang mengurangi produksi keringat.

Pilihan alami untuk deodoran cenderung menghindari bahan kimia sintetis yang terdapat dalam banyak produk konvensional.  Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang dapat bereaksi berbeda terhadap bahan-bahan tertentu.

Selain itu, beberapa orang mungkin perlu mencoba beberapa jenis deodoran alami sebelum menemukan yang paling efektif.

Baca Juga: 3 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan

Catat bahan alami untuk membuat deodoran sendiri yang selektif menghilangkan bau ketiak, dirangkum dari laman Thompson Tee.

1. Jus lemon murni

Anda dapat meracik jus lemon murni dan mengoleskannya di area ketiak merupakan cara mudah untuk menjaga kesegaran tubuh. Asam sitrat dalam jus lemon efektif membunuh bakteri penyebab bau.

Namun, penting untuk berhati-hati karena keasaman lemon bisa menyebabkan rasa perih, terutama setelah proses bercukur.

2. Campuran minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat menghilangkan bakteri penyebab bau. Anda bisa mencoba membuat deodoran sendiri dengan mencampurkan soda kue, tepung maizena, dan minyak kelapa hingga membentuk pasta kental.

3. Tawas

Tawas merupakan bahan antiperspiran yang efektif mengurangi produksi keringat. Anda bisa menggunakan tawas dalam bentuk deodoran atau blok yang dibasahi dan digosokkan langsung di bawah lengan.

4. Cuka apel

Cuka sari apel dapat digunakan sebagai pengganti deodoran alami karena kemampuannya dalam mengembalikan pH kulit, serta sifat anti-inflamasi, antijamur, dan antibakteri.

Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan air dan mengoleskannya ke ketiak menggunakan kapas. Namun, penggunaan cuka perlu diatur dengan hati-hati karena bisa membuat kulit menjadi kering.

5. Campuran Baking soda

Baking soda merupakan bahan alami yang efektif menetralkan bau, termasuk bau ketiak. Anda bisa membuat deodoran sendiri dengan mencampurkan soda kue dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu menggosokkannya ke ketiak.

Alternatif lain, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan tepung maizena untuk mengatasi rasa basah.

6. Minyak esensial

Minyak esensial seperti serai, lavendel, timi, dan rosemary memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi bau ketiak. Anda bisa mencampur beberapa minyak esensial favorit Anda, lalu mengoleskannya ke ketiak menggunakan bola kapas.

Produk ini bekerja dengan cara mengecilkan saluran keringat dan mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau ketiak.

Itulah sederet resep deodoran alami dengan mudah yang praktis dipraktikkan dari rumah pengganti produk deodoran pabrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024) Mudah Menagih Hutang

[X]
×