kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 penyebab ketombe yang sebaiknya Anda perhatikan


Jumat, 03 September 2021 / 13:33 WIB
Ini 5 penyebab ketombe yang sebaiknya Anda perhatikan
ILUSTRASI. Usia, cuaca, dan faktor lain bisa jadi penyebab ketombe.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Setiap orang bisa mengalami ketombe. Namun, masalah muncul ketika ketombe terlalu banyak. Supaya perawatan yang Anda lakukan bisa sesuai dan berjalan efektif, Anda perlu mengetahui faktor apa yang jadi penyebab ketombe.

Ketombe adalah serpihan berwarna putih yang muncul di kulit kepala. Jika dibiarkan, ketombe dapat jatuh ke bahu sehingga membuat Anda merasa malu dan tidak percaya diri saat bertemu orang lain.

Mengutip dari Medical News Today, produksi ketombe meningkat karena beberapa faktor. Mulai dari usia, produk perawatan rambut, cuaca, stres, hingga kondisi kesehatan tertentu.

Nah, cara menghilangkan ketombe bisa Anda lakukan jika mengetahui penyebabnya. Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Bisa jadi ketombe muncul akan tubuh sedang tak sehat yang mana membutuhkan perawatan dari dokter.

Baca Juga: Cari cara menebalkan rambut? Coba 4 bahan alami ini, yuk

Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik menyebabkan kulit berminyak dan mudah iritasi sehingga ketombe pun muncul. Selain mengganggu kesehatan kulit kepala, dermatitis seboroik juga bisa mengakibatkan masalah di alis, belakang telinga, dan lain sebagainya.

Penyakit lain

Ada beberapa penyakit yang meningkatkan risiko dermatitis seboroik. Artinya, penyakit tersebut juga bisa meningkatkan jumlah ketombe. Melansir Medical News Today, jenis penyakit yang dimaksud adalah HIV psoriasis, obesitas, penyakit jantung, dan lain-lain.

Menurut sebuah penelitian, 30-83 persen penderita HIV mengalami dermatitis seboroik. Jadi, jika penderita HIV mengalami ketombe parah, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, perawatan yang sesuai bisa Anda dapatkan.

Jamur

Kulit kepala gatal akibat ketombe juga bisa terjadi akibat infeksi jamur. Infeksi jamur mengakibatkan banyak sel kulit mati lalu terkontaminasi dengan minyak. Hal itulah yang membuat kemunculan ketombe semakin banyak.

Baca Juga: Cari cara menghilangkan kutu rambut? Pakai 4 bahan ini

Makanan yang Anda konsumsi

Tahukah Anda bahwa makanan yang Anda konsumsi bisa jadi salah satu penyebab ketombe? Supaya efek ketombe tak semakin parah, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan bergizi. Terlebih makanan-makanan yang mengandung zinc, asam lemak omega-6, dan vitamin B.

Produk perawatan

Produk perawtaan rambut bisa jadi salah satu penyebab ketombe.

Penyebab ketombe lain yang tak boleh Anda abaikan adalah produk perawatan yang Anda pakai. Gantilah sampo dan produk perawatan lain yang cocok untuk tipe kulit Anda. Rajin mencuci rambut juga penting dilakukan supaya tak ada penumpukan minyak di kulit kepala.

Selanjutnya: 5 Rekomendasi Shampo Organik Solusi Dari Masalah Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×