kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Pantangan Makanan Penderita Ambeien atau Wasir yang Wajib Dihindari


Kamis, 19 Oktober 2023 / 14:02 WIB
Ini 5 Pantangan Makanan Penderita Ambeien atau Wasir yang Wajib Dihindari
ILUSTRASI. Ini 5 Pantangan Makanan Penderita Ambeien atau Wasir yang Wajib Dihindari


Penulis: Bimo Kresnomurti

Pantangan Makanan Penderita Ambeien - JAKARTA. Kenali pantangan makanan bagi penderita Ambeien atau Wasir. Rasa sakit dan tidak nyaman pada bagian dubur ini terjadi karena sebuah pembekakan.

Ambeien, yang juga dikenal sebagai wasir, merupkan kondisi medis di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum mengalami peradangan. Kondisi ini dapat mengakibatkan gejala seperti nyeri, perdarahan, gatal, dan ketidaknyamanan. Ada dua jenis utama ambeien:

Pembuluh darah bengkak terletak di dalam rektum. Ambeien internal seringkali tidak terasa nyeri karena area dalam rektum memiliki sedikit saraf yang merasakan nyeri. Gejala yang umum meliputi perdarahan rektal yang muncul sebagai darah pada tinja atau pada tisu toilet setelah buang air besar.

 Pembuluh darah bengkak terletak di luar anus. Ambeien eksternal dapat menjadi lebih nyeri karena terdapat lebih banyak saraf yang merasakan nyeri di daerah tersebut. Gejala meliputi nyeri, gatal, bengkak di sekitar anus, dan kadang-kadang pendarahan.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Ambeien dan Cara Mengatasinya dengan Bahan-Bahan Alami

Ambeien

Konstipasi dapat memperburuk ambeien. Penting untuk menjaga pencernaan yang sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, minum cukup air, dan bergerak secara teratur.

Selain itu penderita Ambeien perlu menghindari mengejan saat buang air besar. Bekerja terlalu keras saat buang air besar dapat meningkatkan tekanan di daerah rektum dan memperparah ambeien.

Selain itu, duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan pada area pinggul dan dapat memperburuk ambeien. Bergeraklah secara teratur jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Nah, Anda perlu mengenal beberapa pantangan makanan penderita ambeien agar tidak semakin parah. 

Baca Juga: Buang Air Besar Jongkok atau Duduk, Mana yang Lebih Sehat?

Pantangan makanan penderita Ambeien

Cek daftar pantangan makanan Ambeien yang wajib dihindari oleh penderitanya dirangkum dari laman Healthmatch.

1. Produk susu 

Untuk menghindari produk susu adalah langkah kunci dalam mengobati Ambeien. Produk susu seperti susu, keju, dan yogurt mengandung laktosa yang tinggi sehingga dapat mengiritasi kulit area anus.

Intoleransi laktosa juga dapat menyebabkan diare dan, yang lebih jarang, sembelit, jadi penting untuk tidak memperkenalkan makanan ini sampai gejalanya mereda.

Ketika produk susu dikonsumsi, beberapa reaksi kimia dapat memperburuk kambuhnya Ambeien yang sudah ada atau menimbulkan kambuhnya kasus baru.

Saat Anda didiagnosis menderita intoleransi laktosa, hindari semua produk susu setidaknya selama dua minggu setelah gejala Anda mereda.

2. Tepung putih 

Tepung putih adalah makanan olahan dan harus dihindari saat mencoba menghindari makanan pemicu wasir. Ini sangat tinggi karbohidrat, yang dapat menyebabkan diare dan sembelit, dua penyebab umum timbulnya Ambeien.

Tepung putih juga mengandung gluten, yang dapat menyebabkan peradangan pada penderita penyakit celiac.

Jika Anda mencari alternatif resep kue yang lebih sehat, cobalah mengganti tepung putih dengan tepung gandum utuh atau alternatif lain seperti tepung buncis atau almond.

3. Makanan pedas 

Makanan pedas bisa berdampak buruk bagi Ambeien Anda karena menyebabkan iritasi. Dalam beberapa kasus, rasa pedas bisa memicu serangan gejala ambeien dan memperburuknya.

Konsumsi makanan pedas juga dapat memperparah gejala tukak lambung atau usus yang dapat menyebabkan pendarahan.

Apabila Anda menderita sembelit yang berhubungan dengan wasir, makanan pedas dapat memperburuk masalah karena menyebabkan kontraksi otot di usus yang dapat menghambat pergerakan usus.

4. Makanan ringan 

Saat Anda menderita Ambeien, penting untuk menghindari keripik dan makanan cepat saji. Meskipun kandungan lemak tinggi pada makanan ini berdampak buruk bagi kesehatan Anda secara umum, penderita wasir harus sangat memperhatikan apa yang mereka makan.

Makanan ringan baik kemasan maupun junk food dapat menyebabkan atau memperburuk gejala ambeien. Selain itu, kandungan natrium yang tinggi pada makanan cepat saji dan keripik dapat memperburuk masalah wasir.

5. Makanan olahan

Saat Anda menderita Ambeien, sebaiknya hindari daging olahan. Daging olahan mengandung natrium dan pengawet yang dapat memperparah Ambeien.

Saat menginginkan sesuatu yang asin, Anda bisa mencoba camilan sehat seperti kacang-kacangan atau biji-bijian. Makanan bertepung seperti keripik jagung juga dapat menyebabkan sembelit, yang berpotensi memperburuk gejala Ambeien. 

6. Alkohol dan kafein 

Meskipun bukan "makanan", alkohol dan kafein diketahui meningkatkan tekanan pada pembuluh darah hemoroid. Selain itu, alkohol dapat menurunkan aliran darah ke area tersebut.

Kurangi asupan alkohol dan kafein dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan wasir. Mereka juga dapat menyebabkan efek samping gastrointestinal, yang bahkan lebih tidak diinginkan pada Ambeien.

Jika Anda mengalami gejala ambeien yang parah atau berkepanjangan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Ada berbagai pilihan perawatan medis dan tindakan yang dapat membantu meredakan gejala dan mengatasi masalah ambeien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×