kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 makanan yang bisa Anda jadikan obat radang usus


Selasa, 07 September 2021 / 08:05 WIB
Ini 5 makanan yang bisa Anda jadikan obat radang usus
ILUSTRASI. Kacang almond dan sumber protein lain dapat dijadikan obat radang usus.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang usus besar merupakan salah satu kondisi yang bisa menimbulkan rasa sakit. Tentu saja Anda membutuhkan obat radang usus supaya kesehatan tubuh tak memburuk. Tak perlu khawatir, ada berbagai macam bahan alami yang bisa Anda manfaatkan.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), penyebab radang usus yang utama adalah IBD atau inflammatory bowel disease. Contohnya adalah penyakit crohn dan kolitis ulseratif. Hal tersebut dapat memicu inflamasi pada usus Anda.

Untuk beberapa kasus, gejala radang usus bisa diatasi dengan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Namun, bukan berarti Anda bisa tidak berkonsultasi dengan dokter, ya. Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter.

Dengan begitu, makanan dan minuman dalam artikel ini bisa memberikan hasil yang maksimal. Efek samping yang tak Anda inginkan pun dapat Anda hindari. Jika dokter memberi persetujuan, Anda bisa mengonsumsi beberapa bahan alami ini dengan teratur.

Baca Juga: Tanpa obat, ini cara mengatasi sakit perut akibat begah

Makanan Berprotein

Saat radang usus muncul, usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan protein, ya. Anda bisa mengonsumsi tahu, kacang almond, ikan salmon, telur, dan jenis makanan lain yang bisa jadi sumber protein.

Sumber Serat

Bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan obat radang usus adalah makanan yang mengandung banyak serat. Menurut penelitian, terlalu lama tidak mengonsumsi serat justru bisa memperparah radang usus dan kondisi lain yang mengganggu kesehatan.

Air Putih

Supaya infeksi usus tak bertambah parah, cobalah untuk rutin minum air putih. Umumnya, setiap orang perlu minum delapan gelas air putih per hari. Selain itu, pastikan untuk menghindari jenis minuman lain yang tak baik untuk kesehatan, ya. Misalnya, alkohol, minuman bersoda, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Faktor yang menyebabkan nyeri perut kanan bawah

Sumber Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 juga dapat Anda gunakan sebagai obat radang usus, lo. Medical News Today menyebutkan bahwa jenis nutrisi itu meredakan inflamasi dalam tubuh, tak terkecuali radang usus.

Hal yang sama juga berlaku pada asam lemak omega-6. Agar nutrisi itu bisa Anda dapat, cobalah untuk mengonsumsi ikan salmon, ikan sardin, dan sumber asam lemak omega-3 yang lain. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian sehingga Anda perlu mendiskusikannya dengan dokter.

Buah

Semangka dan beberapa jenis buah yang lain bisa Anda manfaatkan sebagai obat radang usus.

Buah jadi obat tradisional radang usus lainnya yang perlu Anda coba. Ada banyak pilihan buah yang bisa Anda konsumsi, mulai dari apel, melon, semangka, hingga pisang. Dengan rutin mengonsumsinya, peradangan dapat mereda.

Selanjutnya: Usus buntu rawan terjadi pada anak-anak, ini ciri-ciri dan cara mengobatinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×