Ini 5 ciri-ciri usus buntu yang wajib Anda waspadai

Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 ciri-ciri usus buntu yang wajib Anda waspadai

ILUSTRASI. Ada banyak ciri-ciri usus buntu yang sebaiknya Anda perhatikan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti bagian tubuh yang lain, kesehatan usus buntu perlu Anda jaga. Apabila tidak, cici-ciri usus buntu pun Anda alami. Jangan ragu untuk mengonsultasikan kondisi tubuh Anda ke dokter apabila gejala dalam artikel ini Anda alami.

Usus buntu yang tersumbat bisa jadi sarang petumbuhan dan perkembangan jamur, virus, bakteri, dan benda asing yang lain. Saat hal itu terjadi, usus buntu pun meradang sehingga menimbulkan masalah kesehatan.

Jangan sampai Anda membiarkan kondisi itu, ya. Radang usus buntu yang tak teratasi bisa pecah sehingga infeksi menyebar ke bagian tubuh yang lain. Tentu saja hal itu bisa menyebabkan masalah lain yang lebih serius.

Sakit Perut

Sakit perut adalah gejala usus buntu yang paling banyak dialami oleh orang-orang. Mengutip dari Healthline (healthline.com), radang usus buntu juga bisa membuat perut kram. Seiring berjalannya waktu, rasa sakit yang Anda alami bisa semakin parah.

Baca Juga: 10 Gejala Usus Buntu yang Perlu Anda Ketahui

Demam

Ciri-ciri usus buntu lainnya yang bisa Anda alami adalah demam. Biasanya, suhu tubuh Anda meningkat sampai 37.2 sampai 38 derajat Celcius. Selain demam, kondisi itu juga bisa membuat tubuh Anda menggigil.

Mual dan Muntah

Mual bisa jadi ciri-ciri usus buntu.

Radang usus buntu juga bisa ditandai dengan rasa mual dan muntah secara terus-menerus. Nafsu makan menurun pun dapat Anda alami. Tidak berhenti sampai di situ, radang usus buntu dapat memicu sembelit atau diare.

Gejala Usus Buntu Pada Anak-Anak

Selain orang dewasa, usus buntu juga bisa dialami oleh anak-anak. Tidak jauh berbeda dari orang dewasa, anak-anak bisa mengalami beberapa gejala usus buntu. Mulai dari mual, muntah, sakit perut bagian kanan bawah, perut bengkak, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 Penyebab usus buntu ini perlu Anda waspadai

Gejala Usus Buntu Saat Hamil

Anda perlu mewaspadai radang usus buntu bahkan saat Anda sedang hamil. Melansir Healthline, ciri-ciri usus buntu yang terjadi saat hamil membuat tubuh tidak nyaman. Selain mual dan muntah, radang usus buntu juga membuat perut Anda terasa kram.

Seiring berjalannya waktu, saat usia kehamilan Anda bertambah dan ukuran janin membesar, rasa sakit karena radang usus buntu semakin terasa. Alasannya karena pertumbuhan janin menekan usus buntu yang sedang inflamasi.

Selanjutnya: Konsumsi 5 Buah Ini Untuk Penderita Usus Buntu

Editor: Belladina Biananda
Terbaru