kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Cara Meredakan Sakit Haid Tanpa Harus Minum Obat


Kamis, 17 Maret 2022 / 12:52 WIB
Ini 5 Cara Meredakan Sakit Haid Tanpa Harus Minum Obat
ILUSTRASI. Cara meredakan sakit haid bisa Anda lakukan tanpa harus minum obat, lo.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Cara meredakan sakit haid bisa Anda lakukan tanpa harus minum obat, lo. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan mengompres bagian perut dengan air hangat, dan ini terbilang cukup efektif.

Hanya, terkadang rasa sakit haid terasa cukup lama hingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari yang harus Anda lakukan. Bukan cuma rasa sakit di bagian perut, biasanya payudara juga terasa sakit dan susah untuk berkonsentrasi. 

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa cara meredakan sakit haid tanpa harus minum obat. Pasalnya, sebagian orang menghindari minum obat karena takut akan kecanduan obat pereda sakit saat haid atau menstruasi.

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Sakit Kepala yang Umum Dialami Banyak Orang

Berikut beberapa cara meredakan sakit haid tanpa minum obat: 

1. Kompres dengan air hangat

Tips pertama cara meredakan haid adalah dengan cara mengompres perut bagian bawah atau bagian yang sakit dengan air hangat. Ini bisa meredakan rasa sakit dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. 

2. Olahraga ringan 

Olahraga ringan dipercaya dapat mengurangi sakit saat haid. Sebuah studi Taiwan menemukan, 12 minggu kelas yoga dua kali seminggu bisa mengurangi kram menstruasi pada peserta penelitian.

3. Orgasme

Orgasme adalah obat yang bagus untuk meredakan sakit haid. Mirip dengan olahraga, mengalami orgasme melepaskan banyak endorfin dan hormon lain yang menghilangkan rasa sakit, membantu seseorang merasa baik.

Baca Juga: Waspada 6 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui
 
4. Jangan makan sembarangan

Tips selanjutnya, Anda jangan makan sembarangan karena hal ini bisa memacu rasa sakit haid. Hindari makanan seperti gorengan, alkohol, dan kopi, serta jangan terlalu banyak merokok sampai rasa sakit haid hilang.

5. Minum teh herbal

Meminum teh herbal dipercaya dapat mengurangi rasa sakit haid karena bisa menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Selain untuk meredakan rasa sakit haid, meminum teh herbal juga baik untuk kesehatan. 

Itulah beberapa cara meredakan sakit haid tanpa harus minum obat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×