kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Cara Cuci Muka dengan Bahan Alami beserta Ramuannya


Jumat, 22 September 2023 / 14:51 WIB
Ini 5 Cara Cuci Muka dengan Bahan Alami beserta Ramuannya
ILUSTRASI. Ini 5 Cara Cuci Muka dengan Bahan Alami beserta Ramuannya


Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Cuci Muka dengan Bahan Alami - JAKARTA. Intip sederet ramuan cuci muka dengan bahan alami yang mudah diterapkan. Aktivitas perawatan wajah tentu penting untuk menjaga penampilan agar tetap menarik.

Cuci muka adalah tindakan membersihkan wajah dengan menggunakan air dan produk pembersih khusus, seperti sabun muka atau pembersih wajah.

Ini adalah rutinitas kebersihan dasar yang dilakukan secara harian untuk membersihkan kotoran, minyak, sel kulit mati, debu, dan zat-zat lain yang menempel di kulit wajah.

Nah, Ada beberapa fungsi cuci muka yang perlu dilakukan dengan alasan estetika hingga kesehatan.

Baca Juga: Ini 4 Cara Mencegah Gigi Tidak Rapi pada Anak atau Maloklusi, Cek Penyebabnya

Cuci muka

Manfaat cuci muka

Berikut ini beberapa fungsi cuci muka adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan Kotoran dan Debu: Cuci muka membantu menghilangkan kotoran, debu, dan polusi yang menempel di kulit wajah akibat paparan lingkungan sehari-hari.
  • Menghilangkan Minyak Berlebih: Pembersih wajah membantu mengangkat minyak berlebih dari kulit, membantu mencegah penyumbatan pori-pori dan jerawat.
  • Menghilangkan Sel Kulit Mati: Rutin mencuci muka membantu mengangkat sel kulit mati, memberikan kulit wajah tampilan lebih segar dan bersih.
  • Memastikan Kulit Bersih Sebelum Perawatan Lain: Membersihkan wajah adalah langkah awal yang penting sebelum melakukan perawatan kulit tambahan, seperti menggunakan toner, serum, atau krim, agar perawatan tersebut dapat diserap lebih baik oleh kulit.
  • Menjaga Keseimbangan pH Kulit: Produk pembersih wajah yang tepat membantu menjaga keseimbangan pH kulit, yang penting untuk kesehatan dan kondisi kulit yang optimal.
  • Mencegah Masalah Kulit: Cuci muka secara teratur membantu mencegah munculnya jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya.
  • Menjaga Kulit Bersih dan Sehat: Cuci muka secara rutin membantu menjaga kulit wajah tetap bersih, segar, dan sehat.

Nah, Anda bisa mencoba beberapa ramuan pembersih wajah dengan bahan alami untuk metode cuci muka.

Simak beberapa cara cuci muka dengan bahan alami beserta resep yang wajib dicoba, dilansir dari The Healthy Pub.

Baca Juga: Inilah Sosok Wanita Paling Berbahaya di Dunia Menurut Para Pakar

Ramuan cuci muka dengan bahan alami

1. Pembersih Wajah dengan Cuka Apel

Cuka apel

Cuka sari apel memiliki sejarah panjang sebagai bahan kecantikan. Bahkan, Cleopatra disebut-sebut pernah menggunakannya sebagai pembersih wajah. Bahan utamanya adalah asam malat, yang mirip dengan asam alfa-hidroksi dan dapat mengelupas kulit.

Hal ini akan mendorong pergantian sel, mengembalikan tingkat pH kulit, memperjelas kulit, dan membantu membersihkan serta mencegah pori-pori tersumbat dan jerawat.

Sebagai catatan, cuka sari apel harus selalu diencerkan dan jangan pernah dioleskan langsung ke kulit.

Resep: Untuk membuat toner alami, campurkan 1 bagian cuka sari apel dengan 2 bagian air, lalu kocok rata. Oleskan ke wajah yang bersih dengan bola kapas atau pad. Setelah kulit Anda mengering, gunakan pelembab harian seperti biasa.

2. Pembersih Wajah dengan Yogurt

Yoghurt

Yogurt adalah pembersih wajah alami yang sempurna ini dapat membantu meremajakan dan melembutkan kulit. Protein dan asam laktat dalam yogurt. bekerja sama untuk membantu detoksifikasi kulit.

Mulai dengan mengoleskan asam laktat secara teratur akan mendorong kulit membuang sel-sel mati melalui pengelupasan kulit, dan protein membantu mengencangkan pori-pori, mengurangi munculnya garis-garis halus, dan melembabkan.

Resep: Mulai dengan mencampurkan 2 sendok makan yogurt greek tanpa lemak dan penuh lemak dengan 1 hingga 2 sendok teh madu.

Lalu, oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Hapus dengan kain lap yang lembut dan lembap.

Pijat dengan lembut selapis tipis yogurt tawar ke wajah bersih menggunakan ujung jari; tindakan ini akan membantu menghilangkan kotoran atau riasan. Biarkan yogurt selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Pembersih Wajah dengan Madu dan Lemon

Madu mentah

Madu dan lemon bekerja sama menjadi pelembab alami dan antiseptik, kombinasi sempurna yang menenangkan dan membersihkan untuk pembersih wajah alami.

Nah, Anda bisa memilih madu secara alami bersifat antibakteri dan kaya antioksidan, yang terbukti mencegah jerawat dan memperlambat proses penuaan kulit. Madu juga memberikan peningkatan warna kulit bahkan bisa memiliki sifat antimikroba dan zat.

Resep: Anda bisa mulai mencampurkan 1 sendok makan madu organik dengan jus dari setengah buah lemon.

Oleskan masker, menutupi wajah dan leher Anda tetapi hindari area dekat mata Anda. Tunggu 20 menit, lalu bilas dengan air hangat, dilanjutkan dengan air dingin lalu keringkan.

4. Pembersih Wajah dengan buah Anggur

Anggur merah

Penelitian dalam Journal of Clinical Aesthetic Dermatology menemukan bahwa fitonutrien dalam buah anggur dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari radiasi UV yang berbahaya.

Buah Anggur juga mengandung vitamin C yang terbukti membantu membentuk kolagen, protein yang meningkatkan elastisitas kulit dan membuat Anda tampak awet muda.

Resep: Siapkan 1 putih telur dengan 6 atau 7 buah anggur ke dalam blender. Haluskan hingga merata, hancurkan bijinya yang mengandung minyak biji anggur.

Setelah campuran berbusa, gunakan sikat wajah untuk mengoleskan masker ke wajah dan leher dengan gerakan ke atas. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan pelembab.

5. Pembersih Wajah Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Bahan unggulan ini juga bisa menutrisi wajahmu! Minyak zaitun adalah pelembab alami yang bagus untuk menutrisi dan melembutkan kulit,

Antioksidan serta lemak baik yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu mengurangi radikal bebas untuk meredakan kulit yang teriritasi atau terbakar sinar matahari.

Resep: Anda bisa mencampurkan satu kuning telur dengan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak zaitun, dan beberapa tetes jus lemon.

Mulai dengan mengoleskan ke wajah bersih Anda selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas.

Penting untuk memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda (kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif) dan rutin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah.

Penting untuk memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda (kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif) dan rutin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah.

Demikian informasi terkait cara cuci muka dengan bahan alami beserta ramuannya yang praktis untuk dipakai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×