kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Aktivitas yang Dilakukan Setelah Makan Kenyang Agar Perut Tidak Begah


Jumat, 10 Mei 2024 / 15:41 WIB
Ini 5 Aktivitas yang Dilakukan Setelah Makan Kenyang Agar Perut Tidak Begah
ILUSTRASI. Perut kekenyangan


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak aktivitas yang dilakukan setelah makan agar perut tidak begah. Setiap aktivitas kita setelah makan memiliki dampak langsung pada kesehatan pencernaan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Memahami aturan-aturan yang baik untuk diikuti setelah makan dapat membantu memaksimalkan proses pencernaan dan menjaga tubuh tetap sehat.

Dari berjalan ringan hingga menjaga tingkat stres, langkah-langkah setelah makan dapat mempengaruhi bagaimana tubuh menyerap nutrisi dan menjaga keseimbangan energi.

Dalam menghadapi kehidupan sehari-hari yang sibuk, penting untuk memberikan perhatian khusus terhadap tindakan-tindakan setelah makan demi menjaga kesehatan.

Baca Juga: Menu Sarapan dan Pola Makan yang Tepat Bisa Mencegah Asam Lambung Kumat Lagi

Aktivitas setelah makan kenyang

perut begah

Makan keyang dapat memiliki dampak negatif pada tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan atau sebagai kebiasaan sehari-hari.

Beberapa dampak negatif yang mungkin timbul termasuk peningkatan risiko obesitas. Hal ini karena tubuh merespon dengan perut yang penuh dan keyang, ini artinya makanan sudah terlalu mengandung banyak kalori dan lemak jenuh.

Untuk itu, ada beberapa rekomendasi aktivitas untuk mengurangi efek begah dan tidak nyaman.

Berikut ini beberapa aktivitas yang dilakukan setelah makan agar tidak sakit perut, dilansir dari laman Piedmont.

1. Berjalanlah selama 10 menit

Berjalan di luar dapat membantu menyegarkan pikiran Anda dan juga membantu meningkatkan kadar gula darah.

Ini tidak berarti Anda sedang menghilangkan apa yang sudah Anda makan, tetapi hanya membantu mengatur tubuh dan membantu dalam pencernaan.

2. Santai dan jangan stres

Pastikan untuk tidak merasa menyesal terlalu banyak makan atau terlalu keras pada diri sendiri. Anda bisa merasa bersalah setelah terlalu banyak makan hingga mengarah pada perilaku berlebihan.

Banyak orang merasa bahwa saat sudah terlalu banyak makan, mereka harus melanjutkan kebiasaan itu sepanjang hari dan mungkin akan berlebihan dalam makanan mereka yang tersisa.

3. Minumlah air

Minum air secara perlahan dapat membantu membersihkan sebagian natrium yang Anda konsumsi Jangan terlalu banyak minum air jika Anda terlalu kenyang. Anda dapat konsumsi 400-800 ml air mineral setelah makan besar. 

4. Konsumsilah probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang ditemukan dalam yogurt dan makanan yang difermentasi yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan.

5. Rencanakan makanan berikutnya

Buatlah rencana untuk sisa hari itu untuk menghindari makan berlebihan pada makanan berikutnya. Tujuannya adalah makanan yang lebih seimbang nutrisinya yang mencakup protein ringan, buah, dan sayuran.

Demikian penjelasan terkait aktivitas yang dilakukan setelah makan sehingga dapat diterapkan secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×