Tips Sehat

Ini 4 rekomendasi obat herbal sakit pinggang, apa saja?

Selasa, 15 Juni 2021 | 13:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 rekomendasi obat herbal sakit pinggang, apa saja?

ILUSTRASI. Ada banyak obat herbal sakit pinggang yang bisa Anda coba.

KONTAN.CO.ID - Anda bisa mengobati sakit pinggang dengan obat yang dijual di apotek. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa jenis obat herbal sakit pinggang.

Meski bisa Anda buat sendiri di rumah, usahakan untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal, ya.

Sebelum mengetahui bahan alami apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit pinggang, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan. Mengutip Spine Health, usahakan untuk menghindari postur tubuh statis dalam jangka waktu lama.

Cobalah untuk melakukan kegiatan selain duduk saat Anda harus bekerja. Melakukan beberapa jenis peregangan sederhana bisa jadi salah satu cara yang bisa Anda jadikan pilihan.

Nah, supaya sakit pinggang cepat berkurang, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis bahan alami ini.

Buah ceri

Buah ceri bisa Anda manfaatkan sebagai obat herbal sakit pinggang. Alasannya, buah itu mengandung banyak antiinflamasi dan antioksidan. Cobalah untuk minum jus buah ceri setiap hari.

Saat dikonsumsi secara rutin, kandungan dalam buah ceri mampu meredakan otot di bagian pinggang yang terasa sakit. Apalagi, jika rasa sakit itu terjadi setelah Anda melakukan olahraga dengan intensitas yang terlalu berat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat sakit pinggang alami yang mudah dicoba

Teh

Spine Health menyebutkan, sakit pinggang bisa lebih cepat sembuh saat Anda mendapat waktu tidur di malam hari yang berkualitas. Jika Anda kesulitan untuk memenuhi waktu istirahat Anda, tak ada salahnya untuk mengonsumsi teh.

Ada banyak nutrisi penting dalam teh yang membantu tubuh Anda beristirahat. Salah satunya asam amino yang bernama L-theanine.

Tapi, Anda perlu memerhatikan jenis teh yang Anda konsumsi. Beberapa jenis teh justru mengandung kafein yang mana dapat mengganggu waktu istirahat Anda.

Jahe

Jahe dan kunyit termasuk dalam daftar obat herbal sakit pinggang.

Jahe merupakan salah satu obat herbal sakit pinggang yang cukup efektif. Apalagi, saat Anda mengkombinasikannya dengan teh hijau.

Bahan-bahan alami itu mengandung banyak antiinflamasi yang dapat masuk ke aliran darah kemudian mencegah inflamasi yang semakin parah.

Baca Juga: Cara menyembuhkan sakit pinggang dengan obat alami

Kunyit

Obat herbal sakit pinggang berikutnya yang perlu Anda coba adalah kunyit. Jenis rempah itu memiliki banyak nutrisi penting yang mampu mengobati sakit pinggang. Mulai dari antiinflamasi, antioksidan, hingga antiartritis.

Anda perlu mencampur ½ sdt bubuk kunyit dalam segelas susu hangat terlebih dahulu. Anda bisa mengganti susu sapi dengan jenis susu lain yang terbuat dari tumbuhan.

Untuk memaksimalkan efeknya, cobalah untuk mengonsumsi campuran susu dan kunyit sebelum tidur di malam hari.

Selanjutnya: Ini daftar penyakit yang ditandai sakit pinggang sebelah kiri

Editor: Belladina Biananda
Terbaru