kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 penyebab sering kesemutan yang dapat Anda alami


Rabu, 15 Desember 2021 / 11:34 WIB
Ini 4 penyebab sering kesemutan yang dapat Anda alami
ILUSTRASI. Ada banyak hal yang bisa membuat Anda sering kesemutan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesemutan adalah salah satu kondisi yang biasa terjadi. Namun, Anda patut waspada apabila hal itu terjadi terlalu sering. Sering kesemutan menandakan adanya masalah kesehatan pada tubuh sehingga Anda perlu segera melakukan pengobatan.

Ada penyebab kesemutan ringan, tapi ada pula penyebab serius yang perlu Anda perhatikan. Kesemutan biasanya terjadi karena lengan atau kaki tertekan dalam jangka waktu lama. Selain itu, masalah kesehatan yang lain juga bisa jadi penyebabnya.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter bila frekuensi mengalami kesemutan terlalu sering. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Supaya Anda bisa lebih waspada, faktor penyebab kesemutan berikut perlu Anda ketahui.

Kecanduan Alkohol

Memiliki kecanduan terhadap alkohol bisa mengganggu kesehatan sistem saraf. Selain itu, terlalu sering minum alkohol dalam porsi besar juga membuat tubuh Anda kekurangan tiamin dan jenis vitamin penting lain yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

Baca Juga: Tanpa obat! Ini 4 cara mengatasi asam urat yang bisa Anda coba di rumah

Kecelakaan

Mengutip dari Health Grades (healthgrades.com), ada beberapa jenis kecelakaan yang menyebabkan kesemutan terjadi. Mulai dari patah tulang sehingga saraf tertekan, leher dan punggung terluka yang berpengaruh pada sumsum tulang belakang dan saraf, serta pertumbuhan tumor.

Biasanya, ada gejala lain yang Anda alami selain kesemutan. Misalnya, otot melemah, mati rasa, indra penglihatan mengabur, hingga muncul ruam di kulit. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami hal-hal itu.

Kondisi Tubuh dan Pola Hidup

Sering kesemutan terjadi ketika tubuh kekurangan vitamin tertentu.

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan, sering kesemutan juga bisa terjadi akibat pola hidup atau kondisi tubuh Anda yang terganggu. Misalnya, tubuh kekurangan vitamin B12 dan konsumsi tembakau atau alkohol berlebih.

Beberapa jenis obat atau perawatan penyakit yang sedang Anda jalani juga berpengaruh terhadap frekuensi kesemutan. Jika Anda sering mengalami kondisi itu saat mengonsumsi obat tertentu, konsultasikan pada dokter supaya kesemutan tidak terjadi terlalu sering.

Baca Juga: 11 Tanda dan gejala gula darah tinggi ala Kemenkes, ayo kenali!

Penyakit Lain

Selain kecelakaan, penyakit lain yang Anda derita juga mengakibatkan sering kesemutan. Jenis penyakit yang dimaksud adalah kesemutan, gangguan pada fungsi kelenjar tiroid, dan stroke. Umumnya, ada gejala lebih parah yang bisa Anda alami.

Mulai dari pingsan, kemampuan berbicara terganggu, mengalami delusi dan halusinasi, mati rasa di salah satu bagian, dan frekuensi buang air besar yang tidak terkontrol. Tentu saja kondisi itu cukup membahayakan sehingga Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×