kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 penyebab kanker prostat plus cara mencegahnya


Rabu, 08 September 2021 / 10:44 WIB
Ini 4 penyebab kanker prostat plus cara mencegahnya
ILUSTRASI. Obesitas bisa jadi salah satu penyebab kanker prostat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski dialami oleh lebih sedikit orang, bukan berarti kanker prostat bisa Anda abaikan. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa Anda lakukan adalah dengan memerhatikan penyebab kanker prostat.

Cancer.net mengatakan bahwa perkembangan kanker prostat membutuhkan waktu yang relatif lama. Ada banyak penderita kanker yang tidak merasakan gejala apa pun selama bertahun-tahun. Sayangnya, hal itu bisa membuat Anda terlambat mendapat perawatan yang sesuai.

Umumnya, gejala kanker prostat yang bisa Anda alami adalah sering buang air kecil (terlebih di malam hari), urin yang keluar bercampur darah, muncul rasa sakit dan sensasi terbakar saat Anda kencing, dan lain sebagainya.

Jika terus dibiarkan dan tak mendapat perawatan, rasa sakit bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain, seperti punggung, panggul, paha, pundak, dan lain-lain. Supaya kondisi itu tak Anda alami, cobalah untuk memerhatikan beberapa faktor penyebab ini.

Baca Juga: Selain Redakan Kanker, Inilah 5 Manfaat Cabe Rawit Untuk Kesehatan Tubuh

Usia

Usia memiliki pengaruh terhadap kanker prostat. Sebanyak 60% kanker prostat terdiagnosa saat pasien berusia lebih dari 65 tahun. Kondisi itu bisa semakin parah ketika Anda menderita jenis penyakit yang lain.

Riwayat Kesehatan Keluarga

Riwayat kesehatan keluarga jadi salah satu penyebab kanker prostat yang tak boleh Anda abaikan. Melansir Cancer.net, kanker prostat muncul akibat kombinasi genetik dan lingkungan atau pola hidup yang Anda terapkan.

Kebiasaan Makan

Ada banyak penelitian yang menghubungkan kebiasaan makan dengan risiko kanker prostat. Misalnya, kelebihan berat badan atau obesitas bisa jadi salah satu faktor pemicu pertumbuhan sel kanker. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membenarkan penjelasan tersebut.

Perubahan Genetik

Penyebab kanker prostat lainnya yang perlu Anda ketahui adalah adanya perubahan genetik. Namun, sama seperti poin sebelumnya, masih belum ada penelitian yang benar-benar menunjukkan hal tersebut.

Baca Juga: Tanaman Herbal Ini Bisa Membunuh Sel Kanker dalam Tubuh

Cara Mencegah Kanker Prostat

Selain mewaspadai faktor penyebab kanker prostat, mengonsumsi tomat dan makanan bergizi lain bisa Anda coba.

Selain memerhatikan penyebab dan gejalanya, ada beberapa cara mencegah kanker prostat yang bisa Anda coba. Pertama, hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak hewani.

Kedua, cobalah untuk memperbanyak asupan tomat, buah, dan jenis sayur lain yang bisa menurunkan risiko kanker prostat. Anda bisa membicarakannya dengan dokter supaya kebutuhan gizi tubuh dapat terpenuhi.

Kebutuhan nutrisi juga bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi suplemen. Namun, tentu saja dosis suplemen yang Anda minum perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Mengonsultasikannya ke dokter jadi salah satu langkah tepat yang perlu Anda lakukan.

Selanjutnya: 5 Aktivitas Seksual Ini Bisa Menjadi Penyebab Penyakit Sifilis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×