Ini 4 moisturizer untuk kulit berminyak dari bahan alami

Senin, 24 Mei 2021 | 14:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 moisturizer untuk kulit berminyak dari bahan alami

ILUSTRASI. Stroberi termasuk salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai moisturizer untuk kulit berminyak.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produksi minyak berlebih jadi salah satu tanda bahwa kulit Anda dalam keadaan kering. Untuk mengatasi hal itu, berbagai macam moisturizer untuk kulit berminyak bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Selain melembabkan, bahan-bahan alami juga membantu kulit Anda menjadi lebih kuat terhadap polusi atau paparan sinar matahari. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya, teh hijau, stroberi, dan jenis bahan alami lain supaya kelembaban kulit terjaga.

Namun, usahakan untuk mencobanya dulu, ya. Tujuannya untuk melihat apakah ada reaksi alergi yang muncul atau tidak. Jika kulit Anda bisa menerima bahan alami yang Anda gunakan, pemakaian bisa Anda lanjutkan.

Stroberi

Stroberi adalah salah satu jenis buah yang cukup efektif melembabkan kulit. Apalagi jika Anda kombinasikan dengan madu dan curd atau tahu susu. Antiinflamasi yang terkandung dalam bahan alami itu mampu menyembuhkan masalah kulit, misalnya jerawat.

Anda perlu menumbuk ¼ gelas stroberi hingga halus terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan satu gelas curd dan 1 sdm madu. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit wajah selama minimal 15 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: 5 Penghilang bekas jerawat ini terbuat dari bahan alami, lo

Teh Hijau

Stylesatlife.com merekomendasikan Anda memakai teh hijau untuk mengatasi kulit berminyak. Selain melembabkan, antioksidan yang terkandung dalam teh hijau berguna untuk melawan berbagai macam masalah kulit.

Pertama, rendam beberapa kantung teh dalam air hangat. Setelah itu, tambahkan satu sendok madu lalu aduk hingga rata. Gunakan campuran itu pada kulit wajah selama minimal 10 menit kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Lemon

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai moisturizer untuk kulit berminyak adalah lemon. Tidak hanya mampu menurunkan produksi minyak di kulit, lemon juga efektif melawan bakteri penyebab jerawat dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Cara yang harus Anda lakukan pun tidak sulit. Pertama, campur 1 sdm air perasan lemon dalam 2 sdm air. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada wajah menggunakan kapas. Diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Gunakan 5 bahan alami ini untuk mengatasi wajah berminyak

Madu

Madu termasuk moisturizer untuk kulit berminyak yang bisa Anda coba.

Moisturizer untuk kulit berminyak lainnya yang direkomendasikan oleh Stylesatlife.com adalah madu. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada seluruh wajah selama 10 menit lalu bilas dengan air. Antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung dalam madu bisa menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Selanjutnya: Catat, ini 4 manfaat masker kopi plus cara membuatnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru