kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 Manfaat Pisang Mentah yang Rendah Gula bagi Kesehatan Tubuh


Rabu, 25 Oktober 2023 / 12:59 WIB
Ini 4 Manfaat Pisang Mentah yang Rendah Gula bagi Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Ini 4 Manfaat Konsumsi Pisang Mentah bagi Kesehatan Tubuh. KONTAN/Daniel Prabowo


Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Pisang Mentah - JAKARTA. Simak daftar manfaat pisang mentah atau berwarna hijau untuk kesehatan. Buah yang mudah ditemui mentah adalah pisang yang masih mentah.

Pisang hijau dan kuning keduanya merupakan sumber nutrisi. Tentu, Anda dapat menemukan hasil panen lezat ini di setiap keranjang buah di seluruh dunia. Pisang merupakan salah satu buah terkenal yang bisa kita lihat di setiap toko kelontong dan kios buah.

Pisang mentah adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pisang yang belum matang sepenuhnya.

Kondisi pisang mentah dari setiap jenis tentu berbeda dari bentuk, warna, hingga waktu pematangan.

Baca Juga: 7 Jenis Teh Herbal yang Bisa Bikin Asam Lambung Kabur dan Usus Menjadi Prima

Ciri-ciri pisang mentah

Pisang kepok awu

Pisang mentah biasanya memiliki ciri-ciri berikut:

  • Warna Kulit: Kulit pisang mentah biasanya berwarna hijau atau kuning muda, dan terkadang bisa memiliki bintik-bintik coklat.
  • Kekerasan: Pisang mentah biasanya terasa keras saat disentuh, tidak seperti pisang matang yang terasa lembut dan mudah dimakan.
  • Rasa: Pisang mentah memiliki rasa yang lebih tawar dan tidak se-manis pisang matang. Rasanya bisa terasa sedikit pahit atau astringen.
  • Tekstur: Daging pisang mentah cenderung lebih padat daripada pisang matang yang lebih lembut dan berair.
  • Kandungan Pati: Pisang mentah mengandung lebih banyak pati daripada pisang matang. Pati ini akan merubah menjadi gula saat pisang mulai matang sepenuhnya.

Terlepas dari teksturnya yang kurang manis dan berbutir, pisang hijau merupakan bahan terkenal menjadi bahan masakan.

Manfaat pisang mentah

Pisang mentah memiliki banyak nutrisi, termasuk serat, antioksidan, vitamin, dan fitonutrien.  Buah yang masih mentah ini mengandung segudang nutrisi yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Untuk itu, kenali daftar manfaat pisang mentah atau berwarna hijau untuk kesehatan dilansir dari laman Narayana Health.

1. Kaya serat

Pisang hijau memiliki kandungan serat makanan dan pati resisten yang tinggi, yang membantu pencernaan, membuat kita kenyang dalam waktu lama, dan membantu pengelolaan berat badan.

Buah ini juga bermanfaat dalam berbagai penyakit perut, seperti sakit maag, kembung, sembelit, diare, dan infeksi bakteri pada saluran pencernaan. Orang yang lebih menyukai diet bebas gluten bisa juga memilih tepung pisang hijau.

2. Kesehatan Jantung

Pisang mentah kaya akan potasium, yang berfungsi sebagai vasodilator dan mengontrol tingkat tekanan darah. Ini juga mencegah banyak kondisi jantung, seperti aterosklerosis dan serangan jantung, serta meningkatkan kesehatan jantung.

3. Rendah gula

Pisang mentah memiliki indeks glikemik yang rendah dan melepaskan hormon insulin secara perlahan setelah dikonsumsi.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menambahkan pisang hijau ke dalam menu Anda jika Anda menghadapi masalah dalam mengatur kadar gula darah.

4. Kaya vitamin dan mineral

Selain mineral, pisang hijau kaya akan berbagai vitamin, termasuk vitamin B6 dan C. Vitamin B6 membantu berbagai proses enzimatik dalam tubuh kita dan meningkatkan metabolisme kita.
Vitamin C adalah antioksidan efisien yang melawan berbagai penyakit kronis dan infeksi. Ini juga meningkatkan kesehatan kulit kita dan meningkatkan kekebalan kita.

Pisang hijau menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh kita. Antioksidan dan mineral dalam pisang mentah membantu mencegah masalah ginjal.

Penting untuk diingat bahwa pisang mentah cenderung lebih sulit dicerna daripada pisang matang, dan beberapa orang mungkin mengalami gangguan pencernaan jika mereka mengonsumsi pisang mentah dalam jumlah besar.

Itulah beberapa manfaat konsumsi pisang mentah berwarna hijau yang cukup penting dalam pemenuhan nutrisi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×