Tips Sehat

Ini 4 cara mengobati gusi bengkak yang bisa Anda pilih

Selasa, 18 Mei 2021 | 12:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 cara mengobati gusi bengkak yang bisa Anda pilih

ILUSTRASI. Cara mengobati gusi bengkak perlu segera Anda lakukan supaya kondisi kesehatan terjaga.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gusi bengkak jadi salah satu masalah yang cukup mengganggu. Tak hanya menimbulkan rasa sakit, gusi bengkak juga menyebabkan rasa tidak nyaman saat Anda mengunyah makanan. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara mengobati gusi bengkak yang perlu Anda coba.

Preferred Dental Care (preferredentalcaresanrafael.com) mengatakan bahwa infeksi bakteri jadi salah satu penyebab gusi bengkak yang utama. Sel dalam tubuh berusaha untuk melawan infeksi tersebut sehingga menyebabkan pembengkakan.

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko infeksi bakteri. Mulai dari tubuh yang kekurangan nutrisi, perubahan hormon, penggunaan kawat gigi atau alat perawatan yang lain, dan sebagainya. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang bisa Anda praktikkan.

Kompres

Cara mengobati gusi bengkak yang pertama adalah dengan memakai kompres, baik kompres dingin ataupun kompres hangat. Pertama, gunakan kompres hangat di bagian pipi di mana gusi mengalami pembengkakan.

Lakukan cara tersebut selama lima menit lalu lanjutkan dengan kompres dingin. Ulangi cara menyembuhkan gusi bengkak itu beberapa kali sampai gusi mati rasa. Dengan begitu, gusi bengkak bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: 4 Obat gusi bengkak ini dari bahan alami, ingin mencoba?

Lidah Buaya

Tahukah Anda bahwa lidah buaya bisa digunakan sebagai obat gusi bengkak? Apalagi jika gusi bengkak juga dibarengi dengan pendarahan. Kemampuan itu berasal dari antiinflamasi yang terkandung dalam lidah buaya.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, aplikasikan gel lidah buaya pada gusi bengkak selama satu hingga dua menit. Kemudian, berkumurlah dengan air hangat. Ulangi cara tersebut beberapa kali sampai gusi tak lagi bengkak.

Teh Hitam

Teh hitam juga bisa digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak, lo. Mengutip dari Preferred Dental Care, jenis teh itu efektif meredakan peradangan.

Caranya, rebus kantung teh hitam selama tiga menit. Setelah itu, diamkan beberapa saat lalu tempelkan di gusi yang bengkak selama 10 menit. Kemudian, berkumurlah dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bau mulut ini efektif, apa saja?

Kunyit

Kunyit bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kunyit. Sama seperti beberapa bahan alami yang telah disebutkan, kunyit mengandung antiinflamasi sehingga cukup efektif mengatasi gusi bengkak.

Selain mengatasi pembengkakan, kunyit juga mampu meredakan rasa sakit dan melawan bakteri. Anda perlu mencampur ¼ sdt bubuk kunyit dengan sedikit air. Setelah berbentuk pasta, aplikasikan pada gusi dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya, berkumurlah dengan air hangat.

Selanjutnya: 6 Bahan alami ini efektif jadi cara menghilangkan karang gigi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru